DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS PEMBEBANAN JARINGAN JALAN AKIBAT PERMUKIMAN (Studi kasus Pembangunan Perumahan Citra Mitra City Banjarbaru)
PENGARANG:HARI TRILAKSANA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-03-19


ABSTRAK

ANALISIS PEMBEBANAN JARINGAN JALAN AKIBAT PERMUKIMAN

(Studi kasus Pembangunan Perumahan Citra Mitra City Banjarbaru)

 

Hari Trilaksana

H2A214008

 

Dr. Iphan Fitrian Radam, S.T, M.T

 

 

Dengan adanya pemindahan pusat pemerintahan Propinsi Kalimantan Selatan maka Kota Banjarbaru sebagai kota sentral pemerintahan di daerah Kalimantan Selatan adalah kota yang mempunyai perkembangan yang tumbuh dengan pesat. Dengan berdirinya Perumahan Citra Mitra City dikota Banjarbaru maka akan menimbulkan tarikan dan bangkitan lalu-lintas pada jalan – jalan sekitar Perumahan Citra Mitra City dan akan menambah volume lalu lintas,Dari kondisi tersebut diatas maka sudah seharusnya perlu dilakukan analisis permukiman terhadap pembebanan jaringan jalan.

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental dalam ilmu transportasi di Provinsi Kalimantan Selatan. Sebagai obyek penelitian yaitu Jalan Taruna Bhakti. Penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder, dengan analisis dilakukan dengan MKJI 1997 dan dibantu dengan program VISUM. Dalam penelitian ini analisis dilakukan dengan empat metode analisis.

Kinerja jaringan jalan eksisting semua ruas jalan memiliki ITP A dengan VC Ratio 0,01-0,19, kinerja jaringan jalan saat pembangunan semua ruas jalan masih memiliki nilai ITP A dengan VC Ratio 0,01-0,19, kinerja jaringan jalan pasca pembangunan semua ruas jalan memiliki nilai ITP A dengan VC Ratio 0,08-0,20 perubahan yang terjadi berkisar ±0,17 atau 17% berada pada Jalan Citra Mitra City, dan kinerja jaringan jalan 5 tahun pasca pembangunan semua ruas jalan memiliki nilai ITP A dengan VC Ratio 0,08-0,20. Nilai penurunan DS terbesar dialami segmen ruas jalan Citra Mitra City sebesar 0,17 dan pada ruas jalan lainnya perubahan nilai DS sebesar 0,01. Jika mengacu kepada hasil analisis didapat pembangunan Perumahan Citra Mitra City Distrik 4 DEEPDENE terhadap ruas jalan pada semua kondisi tidak berdampak negatif.

 

Kata Kunci: Kinerja lalu lintas, Pembebanan, Tata guna lahan

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI