DIGITAL LIBRARY



JUDUL:EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MEDIA MANIPULATIVE SEPATU BERTALI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BINA DIRI MENGIKAT TALI SEPATU PADA ANAK TUNAGRAHITA KELAS D/IIIC SLB B/C PARAMITA GRAHA BANJARMASIN
PENGARANG:Mina wati
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-03-20


ABSTRAK

 

Mina Wati. 2018. Efektifitas Penggunaan Media Manipulative Dalam Meningkatkan Kemampuan Bina Diri Mengikat Tali Sepatu Pada Anak Tunagrahita Kelas D/IIIC di SLB B/C Paramita Graha Banjarmasin. Skripsi. Program Studi Pendidikan Khusus. Jurusan Ilmu Pendidikan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat. Tahun Akademik 2017/2018. Pembimbing I: H. Fauzul Adhim, M.Pd. Pembimbing II: Machmud Fauzi, M.Pd.

Kata Kunci:   Mengikat tali sepatu, Media Manipulative, Anak Tunagrahita.

            Bina diri sangat penting dikuasai oleh anak tunagrahita salah satu aspeknya yaitu mengurus diri dalam mengikat tali sepatu. Bina diri merupakan kecakapan atau keterampilan yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari untuk menunjang aktifitas keseharian anak tunagrahita. Ruang lingkup mengurus diri anak tunagrahita sangatlah terbatas, berdasarkan hasil kunjungan peneliti di SLB B/C Paramita Graha Banjarmasin peneliti bertemu dengan anak tunagahita yang dalam hal mengurus diri sendiri masih belum bisa mandiri yakni anak tunagrahita tersebut kesulitan ketika mengikatkan tali sepatunya. Sehingga dalam hal mengurus diri khususnya mengikat tali sepatu anak mengalami kesulitan dan memerlukan bantuan orang lain ketika mengikat tali sepatu, jika tidak diberikan program bina diri maka mereka akan selalu bergantung pada orang lain untuk aktifitas sehari-harinya.

 

Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan penelitian kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan ialah eksperimen one group pre-test post-test subjek dalam penelitian ini ada dua orang anak tunagrahita kelas D/IIIC di SLB B/C Paramita Graha Banjarmasin. Sistem pengumpulan data menggunakan tes tindakan dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan pengamatan secara langsung terhadap data yang divisualisasikan melalui diagram.

 

Hasil penelitian peningkatan kemampuan bina diri mengikat tali sepatu anak tunagrahita sebelum diberikan treatment mendapat hasil rata-rata 41,66%, kemudian setelah diberikan treatment menggunakan media sepatu bertali anak mengalami peningkatan kemampuan hingga mendapat hasil rata-rata 79,99%. Hal ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan media manipulative efektif dalam meningkatkan kemampuan bina diri mengikat tali sepatu pada anak tunagrahita.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI