DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJARAR PKn MATERI KEPUTUSAN BERSAMA MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGASI (GI) DAN SOMATIC AUDIOTORY VISUALIZATION INTELECTUALY (SAVI) DENGAN MEDIA VISUAL PADA SISWA KELAS VA SDN GAMBUT 2 KABUPATEN BANJAR
PENGARANG:FARHAN MUJAHIDIN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-03-20


ABSTRAK

 

Farhan Mujahidin. 2018. MeningkatkanHasil Belajar PKn MateriKeputusan Bersama Melalui Kombinasi Model PembelajaranGroup Investigation (GI) Dikombinasi dengan  Somatic Auditory Visualization Intellectually (SAVI) Dengan Media Visual Pada Siswa Kelas VA SDN Gambut 2. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat. Dosen Pembimbing : Drs. Sutiyarso, S.Pd, M.Pd.

 

Kata Kunci: Aktivitas dan Hasil Belajar, Keputusan Bersama,Group Investigation (GI), Somatic Auditory Visualization Intellectually (SAVI) denganmedia Visual.

 

Permasalahan dalam penelitian ini adalah siswa kurang melibatkan diri secara aktif, tidak terlibat langsung dalam dalam proses pembelajaran, siswa cenderung hanya mampu mendengarkan, mencatat materi yang disampaikan guru, mereka tidak terlibat secara langsung dalam proses pembelajaran dikarenakan pembelajaran yang berjalan satu arah, kurangnya pemahaman dan penguasaan siswa terhadap materi pelajaran PKn juga salah satu yang menjadi faktor hasil belajar siswa rendah dan pembelajaran kurang bermakna, pembelajaran  hanya menekankan pada aspek kognitif saja, yaitu menerapkan konsep-konsep yang ada di dalam buku dan selalu diajarkan dengan menyampaikan isi buku kepada siswa (knowledge of transfer). Hal ini mengakibatkan siswa kesulitan dalam meneriama pembelajaran dan berdampak pada hasil belajar siswa yang berada dibawah KKM yang di tetapkan oleh sekolah yaitu 65. Untuk mengatasinya menggunakan kombinasi model Group Investigation (GI), Somatic Auditory Visualization Intellectually (SAVI) denganmedia Visual. yang mampu membuat seluruh siswa terlibat aktif dalam suasana pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktvitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa kelas VA SDN Gambut 2.

Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif yang dilaksanakan dua siklus yang masing-masing terdiri dari 2 kali pertemuan. Setting penelitian adalah siswa kelas VA SDN Gambut 2 Banjarmasin semester 2 tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 26 orang siswa. Data kualitatif diperoleh melalui instrumen penelitian berupa lembar observasi aktivitas guru dengan indikator keberhasilan ≥24 (sangat baik) dan aktivitas siswa dengan indikator keberhasilan ≥82% (sangat aktif). Data kuantitatif diperoleh melalui teknik pengukuran dari hasil tes akhir dengan menggunakan soal tertulis secara individu dan klasikal. Analisis data dihitung berdasarkan persentase dan indikator ketuntasan belajar individual mencapai nilai ≥70 dan secara klasikal ≥80% siswa mencapai nilai 80.

Hasil penelitian membuktikan bahwa penggunaan kombinasi modelGroup Investigation (GI), Somatic Auditory Visualization Intellectually (SAVI) denganmedia Visual materi Keputusan Bersama pada aktivitas guru dinyatakan berhasil dengan kategori sangat baik, pada aktivitas siswa dinyatakan berhasil dengan kriteria sangat aktif. Dan pada ketuntasan hasil belajar secara individual dinyatakan berhasil, serta klasikal juga dinyatakan berhasil.

Diharapkan kepada guru untuk menjadikan hasil penelitian ini sebagai salah satu alternatif model pembelajaran yang dapat diterapkan dalam pembelajaran untuk membantu siswa mencapai aktivitas dan hasil belajar yang lebih baik.

 

ABSTRACT

 Farhan MujahidIn. 2018. Increasing Learning Result Of Civil Material of Joint Decision Through a Combination of Group Investigation (GI) Learning Models Combined with Somatic Auditory Visualization Intellectually (SAVI) with Visual Media in Students of VA Class SDN Gambut 2 Banjarmasin. Thesis Undergraduate Education Program of Elementary School Teacher Training and Education Faculty, University of Lambung Mangkurat. Supervisor: Drs. Sutiyarso, S.Pd, M.Pd.

Keywords: Activities and Learning Outcomes, Joint Decision, Group Investigation (GI), Somatic Auditory Visualization Intellectually (SAVI) with Visual media.

The problem in this study is that students do not actively involve themselves, are not directly involved in the learning process, students tend to only be able to listen, record the material presented by the teacher, they are not directly involved in the learning process due to learning that is one-way, lack of understanding and Mastery of students on Civics subject matter is also one of the factors that low student learning outcomes and learning is less meaningful, learning only emphasizes on cognitive aspects, namely applying concepts that are in the book and always taught by conveying the contents of the book to students (knowledge of transfer). This results in students having difficulty in learning and impacting student learning outcomes under the KKM set by the school, which is 65. To overcome this problem using a combination of GI model, Somatic Auditory Visualization Intellectually (SAVI) with Visual media. which is able to make all students actively involved in the learning atmosphere. This study aims to determine teacher activity, student activity and learning outcomes of VA class students at SDN Gambut 2.

This type of research is classroom action research (PTK) with qualitative approach carried out two cycles each consisting of 2 meetings. The research setting is VA class students at SDN Gambut 2 Banjarmasin in semester 2 of the 2017/2018 academic year, totaling 26 students. The qualitative data obtained through the research instrument in the form of teacher activity observation sheet with ≥24 success indicator (very good) and student activity with indicators of the success of ≥82% (very active). The quantitative data obtained through measurement techniques of final test results using the written matter individually and classical. Analysis of the data is calculated based on the percentage and individual learning completeness indicator reached a value ≥70 and ≥80% in classical student reaches 80.

The results of research manifest that used  model combination model of Group Investigation (GI), Somatic Auditory Intellectually Visualization (SAVI) with Visual media material joint decree on the activities of teachers declared successful with very good categories, the students declared successful activity with the criteria very active. And the thoroughness of learning outcomes individually declared successful, and classically also declared successful.

Thos the activities of the teacher reaches the criteria very well,student’s activities with very active, and student’s learning outcomes have fulfilled indicator of success which determind. It is expected that teachers to make the results of this research as an alternative learning model that can be applied in learning to help students achieve better learning outcomes.

 


 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI