DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PRODUKTIVITAS DAN RENDEMEN PEMBUATAN ANYAMAN PURUN (Lepironia articulata Domin) SERTA KONTRIBUSINYA TERHADAP PENDAPATAN DI DESA SUNGAI KALI KECAMATAN BARAMBAI KABUPATEN BARITO KUALA
PENGARANG:ANDRIE SETIAWAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-03-20


ANDRIE SETIAWAN. Produktivitas dan rendemen pembuatan anyaman purun (Lepironia articulata Domin) serta kontribusinya terhadap pendapatan di desa Sungai Kali Kecamatan Barambai Kabupaten Barito Kuala. Dibimbing oleh Dr. Ir. H. Zainal Abidin, M.P.sebagai dosen pembimbing Idan Ir. Hj. Diana Ulfah, M.P. sebagai dosen pembimbing II.

 

 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya produktivitas, rendemen, dan kontribusi pembuatan anyaman purun berupa tikar, dan topi purun bagi masyarakat di Desa Sungai Kali Kelurahan Barambai Kecamatan Barambai Kabupaten Barito Kuala.

 

            Penelitian ini dilaksanakan di Desa Sungai Kali, Kecamatan Barambai, Kabupaten Barito Kuala, Provinsi Kalimantan Selatan. Waktu dalam penelitian ini adalah 3 bulan yang meliputi persiapan pelaksanaan, pengambilan data serta penulisan laporan hasil. Analisis data yang digunakan dengan cara pengambilan data produktivitas dan rendemen pada pengrajin anyaman purun danau di Desa Sungai Kali, Kecamatan Barambai, Kabupaten Barito Kuala. Hasil perhitungan dari produktivitas dan rendemen di tabulasi dan disimpulkan secara deskriptif.

             Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil produktivitas anyaman tertinggi adalah topi purun, besarnya nilai rendemen yang tertinggi yaitu anyaman topi purun, besarnya nilai pendapatan tertinggi yaitu topi purun dan besarnya nilai tertinggi kontribusi yaitu anyaman purun.

Kata kunci: Purun, produktivitas, rendemen dan kontribusi pendapatan

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI