DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PROFIL BERPIKIR KRITIS MAHASISWA DALAM PENYELESAIAN MASALAH MIKROBIOLOGI
PENGARANG:BAITUN NIKMAH
PENERBIT:-
TANGGAL:2017-11-08


Kata Kunci: berpikir kritis, penyelesaian masalah, mikrobiologi
Berpikir kritis adalah proses intelektual yang dengan aktif dan terampil
mengkonseptualisasi, menerapkan, menganalisis, mensintesis, dan mengevaluasi
informasi yang dikumpulkan atau dihasilkan dari pengamatan, pengalaman, refleksi,
penalaran, atau komunikasi, untuk memandu keyakinan dan tindakan. Profil berpikir
kritis merupakan suatu gambaran dari segimana memandangnya. Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan profil tingkat berpikir kritis dan
karakteristik tingkat berpikir kritis mahasiswa dalam penyelesaian masalah
mikrobiologi yang valid dan reliabel. Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif
dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah
sebagian mahasiswa Pendidikan Biologi Universitas Lambung Mangkurat tahun
ajaran 2014/2015 yang berjumlah 6 orang mahasiswa, yang diambil dari kategori
tinggi, sedang, dan rendah berdasarkan nilai mata kuliah mikrobiologi. Teknik
analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data dan menarik
kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa profil tingkat berpikir kritis
mahasiswa Pendidikan Biologi Universitas Lambung Mangkurat dominan berada
pada tingkat berpikir kritis dengan kategori kurang kritis, cukup kritis, kritis dan
sangat kritis. Berdasarkan karakteristiknya, pada tingkat kurang kritis mahasiswa
mampu memahami masalah dan menyusun rencana penyelesaian dengan memenuhi 2
elemen bernalar, tingkat cukup kritis mahasiswa mampu memahami masalah,
menyusun dan melaksanakan rencana penyelesaian masalah dengan memenuhi 4
elemen bernalar. Karakteristik pada tingkat kritis, mampu memahami masalah,
menyusun rencana, melaksanakan rencana penyelesaian masalah dan memeriksa
kembali hasil penyelesaian masalah dengan memenuhi 6 elemen bernalar kecuali
elemen bernalar tujuan dan inferensi dan pada tingkat sangat kritis mahasiswa mampu
memahami masalah, menyusun rencana, melaksanakan rencana penyelesaian masalah
dan memeriksa kembali hasil penyelesaian masalah dengan memenuhi 8 elemen
bernalar. Mahasiswa yang mengambil mata kuliah mikrobiologi tentu memiliki
tingkat berpikir kritis yang berbeda-beda pada setiap orang berdasarkan tugas tertulis
yang sudah diberikan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI