DIGITAL LIBRARY



JUDUL:EFEKTIVITAS TATA TERTIB SEKOLAH UNTUK MENINGKATKAN SUASANA KONDUSIF BELAJAR SISWA KELAS XI PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 8 BANJARMASIN
PENGARANG:SHOFIYAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-03-21


ABSTRAK

 

 Shofiyah. A1A313084. 2018.Efektivitas Tata Tertib Sekolah Untuk MeningkatkanSuasana Kondusif Belajar Siswa Kelas XI Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 8 Banjarmasin.Skripsi, Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP ULM (Dibawah Bimbingan BapakDr. H. Supriyanto, Ak,M.Pd sebagai Pembimbing I dan Ibu Mahmudah Hasanah, M.Pd sebagai Pembimbing II).

Tata tertib sekolah berfungsi sebagai pedomanberperilaku bagi siswa selama mereka bersekolah. Dapat menciptakan kehidupan sekolah  yang tertib, tentram, kondusif, dan kedisiplinan yang baik ditentukan bagaimana siswa dikelas mematuhi tata tertib yang ditentukan oleh sekolah.

Penelitian ini bertujuan (1) mengetahui gambaran tata tertib sekolah SMA Negeri 8 Banjarmasin (2) mengetahui gambaran suasana kondusif belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 8 Banjarmasin (3) mengetahui seberapa besar pengaruhtata tertib sekolah terhadap suasana kondusif belajar siswakelas XI pada mata pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 8 Banjarmasin.

Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif assosiatif dengan pendekatan kuantitatif.Populasi penelitian adalah seluruh siswa SMA Negeri 8 Banjarmasin yang berjumlah777 orang dan sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS di SMANegeri 8 Banjarmasinyang berjumlah 103 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara angket dan dokumentasi dengan teknik analisis data menggunakananalisis deskriptif dan analisis linier sederhana. Sebelum analisis data dilakukan terlebih dahulu uji prasyarat analisis yang meliputi uji normalitas dan uji linearitas.

Hasil penelitian menunjukkan analisis deskriptif presentase tata tertib sekolah sebesar 78,14% yang artinya siswa sudah banyak mematuhi tata tertib sekolah dan termasuk dalam kriteria tinggi, suasana kondusif belajar sebesar 75,53% yang artinya suasana belajar siswa dikelas sudah kondusif dan termasuk dalam kriteria tinggi dan analisis regresi linear sederhana penelitian ini yaitu Y’=3,680+0,265X. Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara tata tertib sekolah untuk meningkatkan suasana kondusif belajar siswa sebesar 0,719 (71,9%) dalam kategori tinggi

 

 

 

Kata Kunci: Tata tertib sekolah, Suasana kondusif belajar

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI