DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BIOLOGI SMA BERBASIS KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA KONSEP ARCHAEBACTERIA DAN EUBACTERIA
PENGARANG:HUSNUL KHATIMAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-03-22


Peningkatan mutu pendidikan belum menunjukkan hasil yang memuaskan. Salah satu mutu yang penting untuk ditingkatkan yaitu keterampilan berpikir kritis melalui sains yaitu melalui pembelajaran Biologi. Materi archaebacteria dan eubacteria dalam pembelajaran biologi yang sebagian besar masih bersifat abstrak dan teoritis sehingga dilakukan pengembangan salah satu perangkat pembelajaran yaitu Lembar Kerja Peserta Didik yang berbasis pada keterampilan berpikir kritis. Penelitian pengembangan bertujuan untuk menghasilkan LKPD yang valid dan praktis. Jenis penelitian diadaptasi dari desain Tessmer, melalui tahapan evaluasi diri, uji pakar, uji perorangan, dan uji kelompok kecil. Subjek penelitian pendapat pakar meliputi 2 orang ahli dan 1 orang praktisi. Subjek kepraktisan isi 3 orang peserta didik kelas X MIA 1 melalui uji perorangan. Subjek kepraktisan harapan 6 orang peserta didik kelas X MIA 1 melalui uji kelompok kecil. Jenis data meliputi data validitas, data kepraktisan isi, dan data kepraktisan harapan. Instrumen penelitian meliputi instrumen untuk menentukan validitas, kepraktisan isi, dan kepraktisan harapan. Teknik pengumpulan data untuk memperoleh validitas dan kepaktisan isi menggunakan teknik Delphi. Teknik pengumpulan data kepraktisan harapan menggunakan lembar instrumen berupa angket. Teknik analisis data validitas dan kepraktisan isi semua aspek ditetapkan dengan skor capaian akhir 4 (sangat valid), dan kepraktisan harapan LKPD diperoleh dari respon peserta didik kemudian dinyatakan dengan %. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) LKPD  sangat valid berdasarkan pendapat pakar, 2) LKPD sangat praktis berdasarkan respon peserta didik.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI