DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA SMP BERBASIS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA
PENGARANG:ADE BUDHI RAHAYU
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-03-23


Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA SMP

Berbasis Inkuiri Terbimbing Untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains Dan Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

 

Oleh

Ade Budhi Rahayu

NIM. A2C514020

 

Pembimbing

Prof. Dr. Sutarto Hadi, M.Si, M.Sc

Dr. Suryajaya, S.Si, M.Sc, Tech

 

 

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi perlunya inovasi dalam pembelajaran IPA di SMP dimana siswa dalam pembelajaran memiliki keterampilan untuk menemukan suatu konsep, prinsip atau teori dan mengalami proses interaksi dari aspek kognitif, afektif dan psikomotor dengan lingkungan belajar sehingga menghasilkan perubahan tingkah laku dari siswa dalam mengaplikasikan ilmunya. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah menghasilkan perangkat pembelajaran berbasis inkuiri terbimbing pada materi klasifikasi benda di SMP yang melatihkan keterampilan proses sains dan meningkatkan hasil belajar siswa yang valid, praktis, dan efektif. Rancangan penelitian pengembangan ini menggunakan model Tessmer dengan tahapan self evaluation, expert review, one to one, small group dan field test. Subjek expert review terdiri dari 2 orang dosen dan 1 orang praktisi pendidikan. Subjek one to one sebanyak 3 siswa yang mempunyai kemampuan akademik berbeda, subjek uji small group sebanyak 14 siswa, subjek field test dengan  jumlah  30  orang. Hasil penelitian menunjukkan: 1) perangkat pembelajaran  yang meliputi silabus, RPP, LKS, Lembar penilaian, bahan ajar dan media pembelajaran dengan kategori valid, 2) kepraktisan perangkat pembelajaran dengan nilai kategori baik, 3) keefektifan perangkat pembelajaran dengan kategori baik, Dengan hasil penelitian pengembagan perangkat berbasis inkuiri terbimbng topik klasifikasi benda dinyatakan valid, praktis dan effektif untuk melatihkan keterampilan proses sains dan meningkatkan hasil belajar siswa.

 

Kata Kunci : penelitian pengembangan, model Tessmer, pembelajaran IPA, inkuiri terbimbing, keterampilan proses sains, hasil belajar.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI