DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS KOMPARATIF KINERJA KEUANGAN BANK UMUM SYARIAH BUMN DENGAN BANK UMUM SYARIAH SWASTA DI INDONESIA PERIODE 2015-2017
PENGARANG:Iqlima Andini
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-03-24


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan kinerja keuangan antara Bank Umum Syariah BUMN dengan Bank Umum Syariah Swasta di Indonesia. Objek penelitian ini adalah Bank Umum Syariah yang terdaftar di Bank Indonesia.

Jenis penelitian ini adalah komparatif dengan membandingkan antara satu variabel dengan variabel lainnya. Variabel yang digunakan untuk menilai kinerja keuangan Bank Umum Syariah BUMN dan Bank Umum Syariah Swasta pada periode 2015-2017 yaitu NPF, GCG, ROA, dan CAR. Jenis data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini diambil sebanyak 6 perusahaan perbankan (3 Bank Umum Syariah BUMN dan 3 Bank Umum Syariah Swasta). Analisis data dilakukan dengan menggunakanMann Whitney U Test.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari keempat variabel pengukur kinerja keuangan terbukti hanya Good Corporate Governance (GCG)yang menunjukkan perbedaan signifikan antara kinerja keuangan Bank Umum Syariah BUMN dengan Bank Umum Syariah Swasta. Sedangkan Non Performing Financing (NPF), Return On Assets (ROA), dan Capital Adequacy Ratio (CAR) tidak menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara kinerja keuangan bank umum syariah BUMN dengan bank umum syariah swasta.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI