DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERENCANAAN PENAMBANGAN BATUBARA PADA PIT B SELAMA TRIWULAN I TAHUN 2019 DI PT KALIMANTAN LINTAS KHATULISTIWA KECAMATAN ANGSANA KABUPATEN TANAH BUMBU PROVINSI KALIMANTAN SELATAN
PENGARANG:MISRADIN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-03-25


Dalam melakukan penambangan diperlukan perancangan dan perencanaan tambang agar meminimalisir risiko kerugian karena industri pertambangan padat modal, padat teknologi, dan berisiko tinggi. Hal tersebut melatarbelakangi penulis melakukan  penelitian  mengenai  perencanaan  penambangan  tambang  terbuka  batubara pada PT Kalimantan Lintas Khatulistiwa.  Penelitian  bertujuan  membuat  rancangan  pit, ramp, disposal, tahapan  pushback  perbulan dalam  triwulan I tahun 2019,  serta  menghitung   kebutuhan alat gali muat dan alat angkut untuk mencapai target produksi selama triwula I tahun 2019.

Penelitian  dikerjakan  dengan  bantuan  perangkat lunak  pertambangan.   Batas   penambangan,   cadangan   tertambang,   dan   volume  overburden ditentukan dengan nilai Stripping Ratio (SR) tidak boleh lebih dari 2 mt/bcm. Rancangan overburden, dan pit mengacu pada rekomendasi geoteknik perusahaan dengan tahapan penambangan dibuat berdasarkan target produksi batubara 50.000 ton/bulan.

Penelitian menghasilkan rancangan disposal dengan kapasitas 282.480,89 lcm,  merancang  pushback perbulan selama triwulan I tahun 2019 yaitu volume overburden 209.035,57 bcm, volume batubara 154.390,54 ton dan SR 1,35 serta jumlah alat gali muat dan alat angkut yang digunakan untuk mencapai target produksi selama triwulan I tahun 2019 yaitu pada bulan ke-1 jumlah alat gali muat untuk membongkar overburden 1 unit dilayani 6 unit alat angkut dengan jarak angkut ±865 m. Sedangkan untuk menggali batubara alat gali muat yang digunakan 1 unit dilayani 4 unit alat angkut dengan jarak angkut ±750 m. Bulan ke-2 jumlah alat gali muat untuk membongkar overburden 1 unit dilayani 6 unit alat angkut dengan jarak angkut ±1013 m. Sedangkan untuk menggali batubara alat gali muat yang digunakan 1 unit dilayani 4 unit alat angkuy dengan jarak angkut ±900 m. Bulan ke-3 jumlah alat gali muat untuk membongkar overburden 1 unit dilayani 7 unit alat angkut dengan jarak angkut ±1110 m. Sedangkan untuk menggali batubara alat gali muat yang digunakan 1 unit dilayani 4 unit alat angkut dengan jarak angkut ±1000 m. 

Kata kunci :             Disposal, Penambangan, Perencanaan, Pushback

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI