DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PELAYANAN AKTA KELAHIRAN DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA BANJARMASIN
PENGARANG:Ananda Ashariani
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-03-25


 ABSTRAK

 

Ananda Ashariani, D1B114235 Pelayanan Akta Kelahiran di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Banjarmasin”. Dibimbing oleh Siti Hamidah dan Budi Suryadi.

            Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pelayanan Akta Kelahiran di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, dokumentasi, dan observasi.

            Berdasarkan hasil penelitian, pelayanan pembuatan akta kelahiran yang dilakukan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Banjarmasin sudah dilaksanakan dengan sebaik dan semaksimal mungkin dilihat dari Standar Pelayanan menurut Daryanto dan Ismanto yakni: Pertama, dari segi prosedur pelayanan, masih rumit bagi masyarakat. Kedua, waktu pelayanan sudah dilaksanakan sesuai SOP. Ketiga, untuk biaya pelayanan gratis sesuai dengan peraturan yang berlaku. Keempat, produk pelayanan sudah sesuai dengan harapan masyarakat dan terbebas dari kesalahan penulisan. Kelima, sarana dan prasarana masih ada kekurangan seperti ketersediaan ruang dan kursi tunggu yang masih kurang memadai. Keenam, kompetensi petugas pemberi pelayanan sudah melayani masyarakat dengan sopan, ramah, dan juga responsif.

Berdasarkan hal tersebut maka disarankan kepada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil kota Banjarmasin agar lebih meningkatkan lagi pelayanan yang diberikan terutama dari segi prosedur dan juga dari segi sarana dan prasarana.

Kata Kunci : Pelayanan, Akta Kelahiran, Disdukcapil, Kota Banjarmasin.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI