DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Nilai-Nilai Pendidikan Novel “Sang Pemimpi” Karya Andrea Hirata
PENGARANG:Abdullah Sulikin
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-03-25


 

Sulikin, Abdullah. 2018. Nilai-Nilai Pendidikan Novel “Sang Pemimp” Karya Andrea Hirata. Skripsi Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni FKIP ULM Banjarmasin. Pembimbing: (I). Dr. Moh. Fatah Yasin, M.Pd,, (II). Dr. Sabhan, M.Pd.

 

Kata Kuncinilai pendidikan, novel

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan dan mendeskripsikan  nilai pendidikan dalam novel Sang Pemimpi. Metode yang digunakan ialah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian terhadap novel ini hanya pada nilai pendidikan karakternya.

Simpulan skripsi ini menunjukkan bahwa nilai pendidikan dalam novel Sang Pemimpi terdiri atas empat nilai yaitu: (1) nilai pendidikan karakter yang berhubungan dengan tuhan atau religious, meliputi: sikap keberanian hidup, kemandirian, tanggung jawab, kewaspadaan hidup, rendah hati, dan sopan santun. (2) nilai pendidikan moral meliputi: rasa hormat kepada sesama, sikap saling memaafkan, adil terhadap sesama, sifat lemah lembut dan kasih sayang terhadap sesama, keberanian dalam hidup, menghargai perbedaan antar sesama, toleransi antarsesama. (3). nilai pendidikan sosial, meliputi: menghormati, tolong menolong, adil terhadap orang lain, kebersamaan dalam hidup, sopan santun, lemah lembut penuh kasih sayang, dan pemaaf. (4) nilai pendidikan budaya, meliputi: toleransi antarsesama, keberanian dalam hidup, sigap dan tanggap, memberikan kebebasan dalam berpikir, hormat terhadap sesama, dan menghargai perbedaan orang lain.

.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI