DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERENCANAAN ULANG TURAP JALAN VETERAN SEGMEN STA 1 + 150 – STA 1 + 450 KOTA BANJARMASIN KALIMANTAN SELATAN
PENGARANG:HARIS SETIAWAN
PENERBIT:FAKULTAS TEKNIK
TANGGAL:2017-11-08


ABSTRAK

 

Jalan Veteran di Kota Banjarmasin akan dibangun menjadi sebuah kawasan wisata kota dengan kanal di tengahnya. Untuk menunjang terwujudnya kawasan tersebut direncakanlah turap untuk memisahkan sungai Tepekong dengan jalan di sisinya. Berdasarkan perencanaan sebelumnya, terdapat 3 (tiga) permasalahan, yang pertama adalah panjang turap  14 meter dengan profil CCSP tipe W6001000 menyulitkan dalam mobilisasi dan pemancangan. Kedua, turap yang telah dirancang memiliki berat 7,35 ton, itu terlalu berat untuk dipancang di tanah lunak Kota Banjarmasin. Dan ketiga adalah biaya yang harus dikeluarkan telalu besar. Berangkat dari permasalahan tersebut maka dilakukan perencanaan ulang turap dengan menyesuaikan data penyelidikan tanah dengan keadaan di lapangan.

Perencanaan turap ini dimulai dengan menginterpretasikan data penyelidikan tanah berupa data sondir dan data SPT, data laboratorium, dan bentuk profil sungai. Setelah itu dilanjutkan dengan perhitungan gaya-gaya yang bekerja pada turap untuk mendapatkan kedalaman pancangan dan perhitungan momen maksimum untuk mendapatkan profil turap, lalu analisa stabilitas lereng. Setelah itu merencanakan anggaran biaya.

Dari hasil perencanaan didapatkan kedalaman pancangan turap yaitu d = 9 meter dengan panjang total turap 12 meter,  profil turap didapat  CCSP tipe W400-B1000 yang memiliki berat 4,81 ton yang berbeda dari perencanaan sebelumnya. Untuk stabilitas lereng didapat SF = 2,302. Pada konstruksi caping beam digunakan balok dimensi 60 cm x 60 cm. Untuk data material yang digunakan yaitu mutu beton fc’= 29 MPa dan mutu tulangan U32 (320 Mpa).

 

Kata kunci : perancangan turap, dinding turap, turap kantiliver, turap beton

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI