DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PRARANCANGAN PABRIK AMONIUM KLORIDA DARI AMONIUM SULFAT DAN NATRIUM KLORIDA MEMLALUI PROSES METHATESIS KAPASITAS 30.000 TON/TAHUN
PENGARANG:ZAINI LAMBRI ASSYAIFI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-03-26


INTISARI

 

   Produk amonium klorida biasa digunakan dalam pembuatan berbagai senyawa amonia, elektroplating, bahan pencuci, pembersih logam dalam industri soldering, sebagai pelapis dalam industri logam timah dan galvanik. Salah satu pembuatan amonium klorida dari reaksi antara amonium sulfat dan natrium klorida. Pabrik ini dirancang dengan kapasitas 30.000 ton/tahun. Pabrik direncanakan berdiri di kawasan Industri Gresik Jawa Timur pada tahun 2023. Bahan baku amonium sulfat diperoleh dari PT. Petrokimia Gresik, Surabaya. Sedangkan natrium klorida diperoleh dari PT.Garam Persero, Madura.

Tahapan proses pada pabrik amonium klorida ini meliputi penyiapan bahan baku, reaksi pembentukan amonium klorida dan pemurnian produk.Penyiapan bahan baku berupa amonium sulfat dan natrium klorida dimasukan ke dalam mixer sebelum direaksikan dalam reaktor. Tahap reaksi pembentukan amonium klorida merupakan reaksi endotermis yang berlangsung di dalam reactor batch. Reaksi berlangsung pada suhu 100°C dan tekanan 1 atm dengan konversi reaksi sebesar adalah 95%. Produk reaktor dialirkan menuju rotary drum vacuum filter, bertujuan untuk memisahkan kristal natrium sulfat dari amonium klorida. Untuk memekatkan larutanamonium klorida digunakan evaporator. Larutan jenuh dari evaporator dialirkan ke crystallizer sehingga terbentuk kristal amonium klorida dengan kemurnian 99,6%.

                Bentuk perusahaan Perseroan Terbatas (PT) dengan sistem organisasi garis dan staf. Kebutuhan utilitas diambil dari sungai kalimas yang memiliki debit air sebesar 2.939 m3/dt sampai 11.764 m3/dt. Berdasarkan hasil analisa ekonomi, didapat nilai Return on Invesment (ROI) sesudah pajak untuk pabrik ini sebesar 41%, Pay Out Time (POT). Sedangkan nilai Break Even Point (BEP) sebesar 41% dan Shut Down Point (SDP) sebesar 28%. Berdasarkan pertimbangan hasil analisa kelayakan ekonomi tersebut, maka pabrik Amonium Klorida dengan kapasitas 30.000 ton/tahun memungkinkan layak untuk didirikan.

 

Kata kunci :amonium klorida, amonium sulfat, natrium klorida, methatesis

                                                                                         

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI