DIGITAL LIBRARY



JUDUL:HUBUNGAN PERAN KEPALA RUANGAN DAN SUPERVISOR RUANGAN DENGAN MOTIVASI PERAWAT DALAM MELAKUKAN DOKUMENTASI KEPERAWATAN DI RSD IDAMAN KOTA BANJARBARU
PENGARANG:PEGGY PASSYA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-03-26


 

ABSTRAK

 

 

 

HUBUNGAN PERAN KEPALA RUANGAN DAN SUPERVISOR RUANGAN DENGAN MOTIVASI PERAWAT DALAM MELAKUKAN DOKUMENTASI KEPERAWATAN DI RSD IDAMAN KOTA BANJARBARU

 

 

 

Passya, Peggy

 

 

 

Latar Belakang : Perawat dituntut melakukan dokumentasi keperawatan dengan baik. Dokumentasi keperawatan yang baik tidak terlepas dari motivasi perawat.Motivasi perawat dipengaruhi secara internal dan eksternal salah satunya melalui peran kepala ruangan dan superisor ruangan.

 

Tujuan : Mengetahui hubungan peran kepala ruangan dan supervisor ruangan dengan motivasi perawat dalam melakukan dokumentasi keperawatan di RSD Idaman Kota Banjarbaru.

 

Metode : Metode penelitian bersifat korelasi dengan pendekatan cross sectional dan teknik sampel probability sampling dengan jenis simple random sampling. Sampel pada penelitian ada 67 perawat pelaksana di ruang rawat inap RSD Idaman Kota Banjarbaru. Pengambilan data dilakukan dengan memberi kuesioner yang dibuat sendiri oleh peneliti.Uji analisis menggunakan korelasi pearson. 

 

Hasil : Hasil penelitian menunjukan gambaran peran kepala ruangan rata-rata sebesar 51,10, supervisor ruangan rata-rata sebesar 32,81 dan motivasi perawat rata-rata sebesar 33,61. Hasil analisis didapatkan adanya hubungan yang positif antara peran kepala ruangan dengan motivasi perawat dalam melakukan dokumentasi keperawatan di RSD Idaman Kota Banjarbaru (p Value=0,000<0,05) dan ada hubungan positif antara peran supervisor ruangan dengan motivasi perawat dalam melakukan dokumentasi keperawatan di RSD Idaman Kota Banjarbaru (p Value=0,000<0,05).

 

Diskusi : Peran kepala ruangan dan supervisor ruangan dapat mempengaruhi tingkat motivasi perawat dalam melakukan dokuentasi keperawatan maka diharapkan kepala ruangan dan supervisor ruangan dapan menjalankan perannya dengan baik.

 

 

 

Kata Kunci : Peran kepala ruangan, supervisor ruangan,  motivasi perawat, dokumentasi keperawatan

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI