DIGITAL LIBRARY



JUDUL:HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN DENGAN KEPUASAN IBU HAMIL YANG MENDAPATKAN PELAYANAN DI POLI KIA PUSKESMAS BARABAI
PENGARANG:LESTINA YANUARTI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-03-26


Kepuasan pasien sangat dipengaruhi oleh mutu pelayanan yang diberikan oleh penyedia fasilitas pelayanan. Menurut L.D. Brown, mutu  layanan kesehatan meliputi 10 dimensi mutu diantaranya kompetensi teknis, keterjangkauan atau akses terhadap layanan, efektivitas, efisiensi, kelangsungan pelayanan, keamanan, kenyamanan, informasi, ketepatan waktu dan hubungan antar manusia. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan antara kualitas pelayanan kesehatan dengan kepuasan ibu hamil yang mendapatkan pelayanan di Poli KIA Puskesmas Barabai. Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian ini sebanyak 960 orang ibu hamil dengan jumlah sampel 46 orang responden yang ditentukan menggunakan rumus purposive sampling. Instrumen penelitian ini menggunakan kuesioner. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah kompetensi teknis, keterjangkauan atau akses layanan, efektivitas, efisiens, kelangsungan layanan, keamanan, kenyamanan, informasi, ketepatan waktu, dan hubungan antar manusia, sedangkan variabel terikatnya adalah kepuasan ibu hamil. Hasil uji statistik menggunakan uji chi square didapatkan hasil bahwa ada hubungan antara kompetensi teknis dengan kepuasan (P=0,008), hubungan antara keterjangkauan atau akses layanan dengan kepuasan (P=0,041), hubungan antara efektivitas dengan kepuasan (P=0,009), hubungan antara efisiensi dengan kepuasan (P=0,044), hubungan antara kelangsungan layanan dengan kepuasan (P=0,001), hubungan antara keamanan dengan kepuasan (P=0,018), hubungan antara kenyamanan dengan kepuasan (P=0,021), hubungan antara informasi dengan kepuasan (P=0,020), hubungan antara ketepatan waktu dengan kepuasan (P=0,036), hubungan antara hubungan antar manusia dengan kepuasan (P=0,004). Kesimpulannya ada hubungan antara kompetensi teknis, keterjangkauan atau akses layanan, efektivitas, efisiens, kelangsungan layanan, keamanan, kenyamanan, informasi, ketepatan waktu, dan hubungan antar manusia dengan kepuasan ibu hamil.

 

Kata-kata kunci: kualitas pelayanan kesehatan, kepuasan, ibu hamil

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI