DIGITAL LIBRARY



JUDUL:BIOGRAFI TUMENGGUNG DJALIL SEBAGAI SUMBER PEMBELAJARAN IPS
PENGARANG:Miftahurrahman
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-03-26


ABSTRAK

 

Miftahurrahman, 2018,Biografi Tumenggung Djalil Sebagai Sumber Pembelaja-ran IPS. Tesis, Program Studi Magister Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Program Pasca Sarjana Universitas Lambung Mangkurat. Pem-bimbing (I) Dr. Ersis Warmansyah Abbas, M.Pd, (II) Drs. M. Zaenal Arifin Anis, M.Hum.

 

Kata Kunci:Biografi, Djalil, Pembelajaran, IPS.

 

Pemberontakan Jalil merupakan sebuah gerakan rakyat pada pertengahan abad ke-19 di Banua Lima, daerah bagian (vazal) dari Kerajaan Banjar.Daerah vazal meliputi daerah Negara, Alabio, Sungai Banar, Amuntai dan Kelua. Pemberontakan Jalil yang berlangsung antara tahun 1859-1860. Pemberontakan Jalil dilatarbelakangi tekanan pajak yang berat dari Adipati Banua Lima, Danuraja. Danuraja menaikkan pajak kepala kepada petani sebanyak dua kali lipat, dibayar dua kali setahun. Pemerintahan Adipati Danuraja juga sewenang-wenang dengan mengambil sesuka hati tanah-tanah pribadi milik penduduk.

Rumusan masalah penelitian adalah bagaimana biografi Tumenggung Jalil. Kemudian bagaimana nilai-nilai kepahlawanan Tumenggung Jalil. Selanjutnya, bagaimana nilai-nilai kepahlawanan Tumenggung Jalil dijadikan sebagai sumber pembelajaran IPS.Penelitian ini, bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai kepahla-wanan tokoh lokal Tumenggung Jalil. Kemudian mendetesiskan potensi nilai nilai kepahlawanan Tumenggung Jalil sebagai sumber pembelajaran IPS.

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yaitu penelitian untuk memberikan penjelasan cermat tentang situasi-situasi sosial berupa uraian kalimat dan datanya tidak berhubungan dengan angka-angka. Subyek penelitian adalah tokoh sejarah dan pemerhati sejarah serta guru-guru IPS SMP di Kabupaten Balangan. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, metode dokumentasi dan metode wawancara. Instrumen penelitian terdiri dari peneliti, dokumentasi, dan kepustakaan. Teknik analisis data ditempuh dengan tahapan reduksi data, penyajian data serta simpulan/verifikasi.  

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa nilai-nilai utama dari perjuangan Tumenggung Jalil yang bisa disajikan sebagai sumber pemb-elajaran IPS bagi peserta didik yaitu keberanian, pantang menyerah, cinta tanah air dan rela berkorban.

Kesimpulan penelitian, pertama, Tumenggung Jalil lahir di Palimbangan Hulu Sungai Utara, pada tahun 1840. Dalam strata masyarakat Banjar Abad ke-19, Jalil seorang jaba (rakyat biasa), bukan keturunan bangsawan. Karena keberaniannya, Jalil mendapat gelar Tumenggung Macan Negara dan Kiai Adipati Anom Dinding Raja. Kedua,terdapat beberapa nilai-nilai utama Tumenggung Jalil yang bisa disajikan untuk peserta didik IPS, yaitu keberanian, pantang menyerah, cinta tanah air dan rela berkorban. Integrasi nilai-nilai kepahlawanan Tumenggung Jalil sebagai sumber pembelajaran IPS dengan integrasi Nilai Dalam Silabus dan RPP IPS Kelas VIII. Kemudian dijabarkan pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) kurikulum 2013 di SMP.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI