DIGITAL LIBRARY



JUDUL: PERAN DAUN TEMBELEKAN (Lantana camara L) SEBAGAI BAHAN PENGAWET ALAMI TIGA JENIS KAYU BUAH-BUAHAN DAN KETAHANANNYA TERHADAP HAMA PERUSAK KAYU
PENGARANG:MUHAMMAD ASRA MUSLI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-03-26


 

MUHAMMAD ASRA MUSLI, Peran daun tembelekan (Lamtana camara L) sebagai bahan pengawet alami pada tiga jenis kayu buah-buahan dan ketahanannya terhadap serangan hama perusak kayu. Dibimbing oleh Ir. Hj. Lusyiani, M.P sebagai dosen pembimbing pertama dan Ir. Hj. Diana Ulfah, M.P.

 

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa besarnya tingkat penyerapan (absorbsi, retensi dan penetrasi) bahan pengawet ektrak daun tembelekan (Lamtana camara L) pada kayu durian, rambutan, nangka. Menganalisa keawetan 3 janis kayu buah-buahan yang diawetkan dengan ektrak daun tembelekan (Lamtana camara L) pengurangan berat dan derajat kerusakan terhadap hama perusak kayu. Penelitan ini diharapkan dapat memberikan informasi tentang pemanfaatan ektrak daun tembelekan (Lamtana camara L) sebagai bahan pengawet alami pada 3 jenis kayu buah-buahan terhadap serangan hama perusak kayu.

 

Objek penelitian ini adalah kayu durian, kayu rambutan, kayu nangjka yang diperolah dari bansau (tempat pemotongan kayu menjadi balok dan papan). Analisis data menggunakan rancangan acak lengkap dengan pola faktorial. Faktor A (lama perendaman) dan faktor B (jenis kayu) masing-masing sampel berjumlah 3 dan di ulang sebanyak tiga kali, jumlah keseluruhan contoh uji ada 36.

 

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengawetan dengan menggunakan daun tembelekan (Lantana camara L) berpengaruh terhadap lama perendaman dan janis kayu.

 

 

 

Kata kunci : Lantana camara L , kayu durian, kayu rambutan, kayu nangka

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI