DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA MEMINDAI UNTUK MENEMUKAN INFORMASI MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC), EXPLICIT INSTRUCTION, DAN TALKING STICK PADA SISWA KELAS 5 SDN SUNGAI BATANG ILIR 1
PENGARANG:M. NUR ANTASARI.M
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-03-28


ABSTRAK

ANTASARI.M, M.NUR 2018. Upaya Meningkatkan Keterampilan Membaca Memindai untuk Menemukan Informasi Menggunakan Kombinasi Model Cooperative Integrated Reading and Composition (Circ), Explicit Instruction, dan Talking Stick pada Siswa Kelas 5 SDN Sungai Batang Ilir 1 Kab. Banjar. Skripsi Program PG-PSD FKIP ULM Banjarmasin. Dosen Pembimbing Drs.H. Khairil Anwar,M.Pd.

Kata Kunci : Membaca Memindai,  Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) , Explicit Intruction, Talking Stick..

 

Penelitian Tindakan Kelas dilaksanakan di SDN Sungai Batang ilir 1 pada kelas V yang mengalami permasalahan kesulitan kurangnya penanaman keterampilan membaca memindai, keaktifan siswa dalam proses pembelajaran yang berdampak pada rendahnya hasil belajar Bahasa Indonesia. Hal ini disebakan pembelajaran yang belum menyajikan tentang keterampilan membaca memindai dan memberikan kesempatan siswa untuk aktif dalam pembelajaran. Oleh karena itu kombinasi model Cooperative Integrated Reading And Composition (Circ), Explicit Intruction, dan Talking Stick digunakan untuk mengatasi masalah tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar dari dilaksanakannya kombinasi model Cooperative Integrated Reading And Composition (Circ), Explicit Instruction, dan Talking Stick pada kelas V SDN Sungai Batang ilir 1 Kab. Banjar pada materi membaca memindai untuk menemukan informasi.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan selama 4 kali pertemuan. Penelitian ini dilaksanakan di SD N Sungai Batang ilir 1 pada semester dua (genap) tahun ajaran 2017/2018. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 17 orang yang terdiri atas 9 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Pengambilan data aktivitas guru dan aktivitas siswa dilakukan dengan teknik observasi dan hasil belajar siswa dengan tes akhir disetiap akhir pertemuan. Indikator keberhasilan siswa tuntas dengan mencapai nilai minimal 73 dan secara keseluruhan sekurang-kurangnya 80% .

Hasil  penelitian menunjukkan menunjukkan aktivitas guru pada pertemuan 1 mendapatkan skor 25 dengan kategori baik, meningkat pada pertemuan 2 dengan skor 27 kategori baik meningkat pada pertemuan 3 dengan skor 29 kategori sangat baik dan semakin meningkat pada pertemuan 4 dengan skor 31 kategori sangat baik. Pada aktivitaas siswa pertemuan 1 keaktifan 63,2% meningkat pada pertemuan 2 menjadi 71,8% , mengalami peningkatan lagi pada pertemuan 3 menjadi 78,6% dan semakin meningkat pada pertemuan 4 menjadi 87%. Hasil belajar siswa pada pertemuan I ketuntasan 52%, pertemuan 2 ketuntasan 70%, ketuntasan pertemuan 3 ketuntasan 76% dan pada pertemuan 4 ketuntasan 94%.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut  dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan pada aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar dengan kombinasi model pembelajaran  Cooperative Integrated Reading And Composition (Circ), Explicit Intruction, dan Talking Stick. Sehingga kombinasi model pembelajaran  Cooperative Integrated Reading And Composition (Circ), Explicit Intruction, dan Talking Stick disarankan kepada guru, kepala sekolah dan peneliti agar digunakan sebagai rujukan alternative model-model pembelajaran yang inovatif.

ABSTRACT

ANTASARI.M, M.NUR 2018. Efforts to Improve Reading Scan Skills To Find Information Using Combination Model Cooperative Integrated Reading And Composition (Circ), Explicit Instruction, and Talking Stick In Grade V Students SDN Sungai Batang Ilir 1 Kab. Banjar. Thesis of PG-PSD Program FKIP ULM Banjarmasin. Supervisor Drs.H. Khairil Anwar, M.Pd.

 

Keywords: Reading Scan, Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC), Explicit Intruction, Talking Stick.

 

Classroom Action Research was conducted at SDN Sungai Batang ilir 1 in class V experiencing difficulty problem of lack of scanning reading skill, student activeness in learning process that impact on low learning result of Indonesian language. This is due to the lessons that have not yet been presented about reading scanning skills and giving students opportunities to be active in learning. Therefore the combination of Cooperative Integrated Reading And Composition (Circ), Explicit Intruction, and Talking Stick models is used to solve the problem. The purpose of this research is to know the activity of teacher, student activity and learning result from the implementation of combination model of Cooperative Integrated Reading And Composition (Circ), Explicit Instruction, and Talking Stick on class V SDN Sungai Batang ilir 1 Kab. Banjar on reading reading material to find information.

This research used a qualitative approach with classroom action research conducted during 4 meetings. This research was conducted at SD N Sungai Batang ilir 1 in semester two (even) of academic year 2017/2018. The subjects of this study were the seventh grade students, consisting of 9 male students and 8 female students. Data collection of teacher activity and student activity is done by observation technique and student learning result with final test at every end of meeting. The student success indicator is complete by reaching a minimum score of 73 and overall at least 80%.

The result showed that teacher activity at meeting 1 got score 25 with good category, increased at meeting 2 with score 27 good category increased at meeting 3 with score 29 category very good and increasing at meeting 4 with score 31 category very good. In the activity of the students meeting 1 activity activeness 63,2% increase in meeting 2 become 71,8%, experiencing increase again at meeting 3 become 78,6% and progressively increase at meeting 4 become 87%. Student learning outcomes at the meeting I completed 52%, the meeting 2 mastery 70%, the completeness of the meeting 3 complete 76% and at the meeting 4 complete 94%.

Based on the results of this study can be concluded that there is an increase in teacher activity, student activity and learning outcomes with a combination of learning models Cooperative Integrated Reading And Composition (Circ), Explicit Intruction, and Talking Stick. So that combination of Cooperative Integrated Reading And Composition (Circ), Explicit Intruction, and Talking Stick learning models is suggested to teachers, principals and researchers to be used as an alternative reference of innovative learning models.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI