DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PEMROGRAMAN ANALISIS STRUKTUR DENGAN METODE MATRIKS KEKAKUAN LANGSUNG
PENGARANG:FITRA HAIQAL MIRZA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-03-28


Metode untuk menganalisis struktur statis tak tentu secara umum terdapat dua metode dasar yang digunakan, yaitu metode gaya atau fleksibilitas dan metode perpindahan atau kekakuan. Dalam perkembangannya metode kekakuan menjadi metode paling populer untuk dipelajari dan dikembangkan. Salah satu bentuk dari metode kekakuan yang banyak digunakan dalam praktek oleh praktisi, yaitu metode matriks kekakuan langsung.

Metode matriks kekakuan saat ini berkembang bersamaan dengan pesatnya perkembangan program komputer sebagai alat hitung otomatis. Saat ini banyak program komersial seperti SAP2000, ETABS dan STAAD-PRO yang menggunakan metode matriks kekakuan sebagai dasar perhitungannya. Dengan tersedianya program komersial tersebut memudahkan seseorang untuk menganalisis struktur dengan derajat kebebsaan yang besar dalam waktu yang realtif singkat, maka pemanfaatan komputer untuk membantu perhitungan sangat berguna dalam mengimplementasikan metode matriks kekakuan langsung.

Dalam tugas akhir ini dikembangkan sebuah program untuk analisis struktur dengan metode matriks kekakuan langsung sebagai dasar perhitungannya. Program ini dibuat dengan bahasa pemrograman MATLAB. MATLAB dipilih karena mempunyai berbagai sistem operasi dan fasilitas grafik yang cukup baik dan kemampuan graphical user interface yang membantu dalam perograman. Pembahasan yang ditinjau pada penelitian ini yaitu meliputi model struktur yang dianalsis adalah struktur portal bidang, hasil keluaran program berupa perpindahan titik, reaksi tumpuan, gaya batang dan kontrol usaha luar dengan usaha dalam. Kemudian hasil tersebut akan divalidasi dengan software SAP2000. Dengan dikembangkannya program tersebut menunjukan bahwa program yang serupa dapat dibuat dan pada batasan tertentu program ini mempunyai kemampuan yang hampir sama dengan program komersial yang ada. Selain itu juga dapat membantu pengguna dalam memahami metode kekakuan.

Kata kunci: Analsis Struktur, Metode Kekakuan, Metode Matriks Kekakuan Langsung, Struktur Portal Bidang, SAP2000, MATLAB.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI