DIGITAL LIBRARY



JUDUL:IMPLEMENTASI PENGUKURAN KINERJA ORGANISASI SEKTOR PUBLIK MELALUI PENDEKATAN BALANCED SCORECARD (Studi Kasus Pada Badan Keuangan Daerah dan UPPD/SAMSAT Provinsi Kalimantan Selatan)
PENGARANG:JAYA ABADI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-03-28


ABSTRAK

 

Jaya Abadi, 2018. Implementasi Pengukuran Kinerja Organisasi Sektor Publik Melalui Pendekatan Balanced Scorecard studi Kasus Pada Badan Keuangan Daerah dan UPPD/SAMSAT Provinsi Kalimantan Selatan. Dibimbing oleh Dr. Syaiful Hifni, Drs.Ec.,M.Si.,Ak.,CA. dan Dr. H. Atma Hayat, Drs.Ec.,M.Si.,Ak.,CA.

 

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja Badan Keuangan Daerah dan UPPD/SAMSAT Provinsi Kalimantan Selatan sebagai Organisasi Sektor Publik berdasarkan pendekatan empat perspektif Balanced Scorecard serta memberikan gambaran mengenai perencanaan strategis Badan Keuangan Daerah dalam kerangka Balanced Scorecard. Metode penelitian ini menggunakan kuisioner dengan responden 150 orang wajib pajak dan 103 responden PNS Badan Keuangan Daerah dan UPPD/SAMSAT provinsi Kalimantan Selatan serta 2 responden kunci, dengan analisa perspektif keuangan menggunakan konsep VFM, perspektif pengguna jasa menggunakan indeks kepuasan masyarakat, perspektif proses internal menggunakan proses internal, dan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan menggunakan kepuasan pegawai.

 

 

Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa Kinerja Badan Keuangan Daerah dan UPPD/SAMSAT Provinsi Kalimantan Selatan secara parsial dan simultan diukur dengan perspektif Balanced Scorecard menunjukkan hasil sangat baik dengan capaian perspektif keuangan 86,81%, capaian perspektif pengguna jasa 89,50%, capaian perspektif pengguna jasa 90,01% dan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan 95,36% serta pengukuran kinerja secara keseluruhan dengan indeks komposit sebesar 90,25%. Sebagai alat perencanaan strategis Balanced Scorecard menyediakan kerangka kerja dalam penyusunan perencanaan strategis Badan Keuangan Daerah dalam penetapan sasaran, pengambilan inisiatif srategis serta penjabaran dalam program kegiatan serta proses penganggaran.

 

 

 

Kata kunci : balanced scorecard, pengukuran kinerja, perencanaan strategis

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI