DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Analisis Prioritas Pengembangan Kawasan Andalan Di Desa Karang Indah
PENGARANG:ZUMROTUN NISA AS
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-03-28


 

Zumrotun Nisa’ AS (2019). Analisis Prioritas Pengembangan Kawasan Andalan Di Desa Karang Indah. Pembimbing Dr.Ir. H.M.Anshar Nur, M.M.

 

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui bagaimana kontribusi masing-masing kriteria untuk pengembangan kawasan andalan di Desa Karang Indah Kecamatan Mandastana Kabupaten Barito Kuala, dan (2) mengetahui potensi apa yang menjadi prioritas untuk dikembangkan di Desa Karang Indah Kecamatan Mandastana Kabupaten Barito Kuala.

 

Responden dalam penelitian ini ada 10 responden yang dianggap berpengaruh terhadap penentuan kawasan andalan di Desa Karang Indah yang digunakan dalam pengolahan data menggunakan metode AHP (Analytical Hierarchy Process).

 

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kriteria alternatif potensi daerah, kebijakan daerah, pendapatan perkapita, dan kesempatan kerja mempengaruhi penentuan prioritas pengembangan kawasan andalan dengan urutan nilai preferensi 54% potensi daerah, 23% kebijakan daerah 14% pendapatan perkapita, dan 9% kesempatan kerja. Berdasarkan kriteria alternatif tersebut preferensi pemilihan prioritas pengembangan kawasan andalan potensi hortikultura tanaman jeruk 58%, kombinasi atau Agro-education 30% dan English-Village 12%. Dengan kesimpulan yang paling dominan adalah  hortikultura tanaman jeruk sebesar 58%.

 

Kata Kunci:     Prioritas,Kawasan Andalan, Hortikultura Tanaman Jeruk,   English-Village, Agro-education, Metode AHP.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI