DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DI KELAS VIII A SMP MUHAMMADIYAH 1 BANJAMASIN
PENGARANG:RAFIAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-03-28


AMENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DI KELAS VIII A SMP MUHAMMADIYAH 1 BANJARMASIN (oleh: Rafiah; pembimbing: M. Arifuddin Jamal, Andi Ichsan Mahardika; 2017;75 halaman)

 

ABSTRAK

Proses belajar mengajar hanya berpusat pada guru, akibatnya siswa tidak terlatih untuk mengembangkan keterampilan proses sains dan berimbas pada rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan cara meningkatkan hasil belajar dan keterampilan proses sains siswa pada mata pelajaran IPA melalui model pembelajaran inkuiri terbimbing di kelas VIII A SMP Muhammadiyah 1 Banjarmasin. Tujuan khususnya adalah mendeskripsikan (1) keterlaksanaan RPP, (2) keterampilan proses sains siswa, (3) hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah model penelitian tindakan kelas Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri dari 2 siklus. Subjek penelitian adalah 20 siswa kelas VIII A SMP Muhammadiyah 1 Banjarmasin. Data berupa observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data berupa analisis keterlaksanaan RPP, hasil belajar dan keterampilan proses sains. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) keterlaksanaan RPP pada siklus I dan II berkategori sangat baik, (2) keterampilan proses sains siswa dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan, (3) ketuntasan klasikal hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan. Diperoleh simpulan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar dan keterampilan proses sains siswa.

Kata kunci: keterampilan proses sains, hasil belajar, inkuiri terbimbing

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI