DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Evaluasi Kinerja Jalan Sudirman Dengan Model Greenshield, Greenberg, Dan Underwood Di Kabupaten Tapin
PENGARANG:USREK MIYATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-03-28


EVALUASI KINERJA JALAN SUDIRMAN DENGAN MODEL GREENSHIELD, GREENBERG, DAN UNDERWOOD  DI KABUPATEN TAPIN

 

Oleh:

Usrek Miyati

 

Pembimbing:

Ir. Yasruddin, MT

 

ABSTRAK

Rantau merupakan kota yang sedang berkembang dan meningkat penduduknya. Kota Rantau sangat bergantung pada transportasi darat yang sangat penting dalam sektor perhubungan terutama untuk distribusi barang dan jasa..Salah satu bagian yang penting dalam arus lalu lintas tersebut adalah pergerakan arus lalu lintas. Seiring dengan pertumbuhan arus lalu lintas maka terjadinyapeningkatan dengan pesat, sehingga terjadi kepadatan arus lalu lintas. Kepadatan ini karena kapasitas kendaraan bermotor, sedan, truk ringan 2 sumbu dan truk sedang 2 sumbu pada jalan dengan jumlahbanyak. Untuk itu perlu dilakukan penelitian seberapa besar kapasitas ruas jalan Sudirman Kabupaten Tapin terhadap kinerja pada jalan tersebut.

Tiga model pendekatan melalui model Greenshields, Greenberg, Underwood untuk mendapatkan  Tingkat Pelayanan Jalan. Dari survei, didapatkan data volume (V) dan kecepatan (S) dengan rentan waktu per 5 menit, kemudian dikomulatifkan menjadi per jam. Kemudian didapatkan persamaan model untuk ada truk dari arus Banjarmasin ke Kandangan yaitu model Underwood dengan persamaan y = 176.91e-0.154x dan nilai Rsebesar0,6813,didapatkan volume maksimum sebesar 421,28 smp/jam, kecepatan sebesar 60 Km/jam dan juga kepadatannya sebesar 6,493 smp/km, dan arus Kandangan ke Banjarmasin dipilih model Greenberg karena memiliki nilai korelasi terkuat diantara tiga model dengan persamaan  y = -89.04ln(x) + 178.62dan nilai R sebesar 0,8365,didapatkan volume maksimum sebesar 243,25 smp/jam, kecepatan sebesar 85 Km/jam dan kepadatannya sebesar 3 smp/km.

Sedangkan untuk kondisi tidak ada truk dari arus Banjarmasin ke Kandangan didapat model Greenbergkarena memiliki nilai korelasi terkuat diantara tiga model dengan persamaan y = -37.51ln(x) + 130.97 dan nilai R sebesar 0,9011didapatkan volume maksimum sebesar 452,083 smp/jam, kecepatan sebesar35 Km/jam dan kepadatan sebesar 12 smp/km. Sedangkan untuk arus Kandangan ke Banjarmasin didapat model Greenberg karena memiliki nilai korelasi terkuat diantara tiga model dengan persamaan y = -57.72ln(x) + 138.31dan nilai R sebesar 0,8462,didapatkan volume maksimum sebesar 233,006 smp/jam, kecepatan sebesar60 Km/jam dan kepadatan sebesar 4 smp/km. Berdasarkan indeks tingkat pelayanan didapat  pada kondisi ada truk adalah E dan untuk tidak ada truk adalah C, setelah pengalihan arus dilakukandidapat hasil tingkat pelayanan di jalan Sudirman Kabupaten Tapin berada pada kategori kelas C untuk ada truk.

Kata Kunci: Greenshields, Greenberg, Underwood, Pengalihan Arus.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI