DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Analisis Aktivitas Fisik Pada Pasien Diabetes Melitus Tipe 2 Dengan Ulkus Kaki Diabetik Di RSUD Ulin Banjarmasin
PENGARANG:NUR MIFTAHUL JANNAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-03-28


Latar belakang: Diabetes melitus tipe 2 adalah diabetes  yang disebabkan pola hidup yang tidak sehat selain karena faktor keturunan. Kejadian ulkus kaki diabetik banyak terjadi pada penderita diabetes melitus tipe 2. Faktor yang paling mempengaruhi kejadian ulkus kaki diabetik yaitu kurangnya melakukan aktivitas fisik.

Tujuan: Tujuan penelitian untuk menggambarkan karakteristik dan aktivitas fisik pasien diabetes melitus tipe 2 dengan ulkus kaki diabetik.

Metode: Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional dan total sampling berjumlah 42 pasien diabetes melitus tipe 2 dengan ulkus kaki diabetik di Poliklinik Kaki Diabetik RSUD Ulin Banjarmasin. Penelitian dilakukan dari Desember 2018 sampai Januari 2019 menggunakan kuesioner dan wawancara.

Hasil: Hasil penelitian menunjukkan karakteristik umur pasien yang banyak mengalami diabetes melitus tipe 2 dengan ulkus kaki diabetik umur 51-60 tahun (40,5%), jenis kelamin paling banyak perempuan (61,9%) dan bekerja sebagai Ibu rumah tangga (59,5%). Aktivitas fisik pasien diabetes melitus tipe 2 dengan ulkus kaki diabetik banyak di kategori aktivitas fisik ringan (64,3%).

Diskusi: Aktivitas fisik penting dilakukan penderita diabetes melitus tipe 2 untuk mencegah terjadi ulkus kaki dan membantu mempercepat penyembuhan ulkus yang diderita

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI