DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERANCANGAN SEKUEN TAMBANG PADA PENAMBANGAN BATUBARA DI PT KALIMANTAN LINTAS KHATULISTIWA JOBSITE PT PUTRA BANUA TAPIN KALIMANTAN SELATAN
PENGARANG:ISMAIL
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-03-29


Endapan batubara yang sudah diketahui kuantitasnya menjadi dasar dalam perancangan pit limit. Nilai dari tonase batubara yang diperoleh disebut cadangan. Suatu perencanaan tambang sebelum mencapai batas akhir penambangan diperlukan teknik dalam penanganannya yaitu membagi pit menjadi bagian - bagian yang lebih kecil agar lebih mudah dan sistimatis selama kegiatan penambangan yang disebut sekuen. PT Kalimatan Lintas Khatulistiwa (PT. KLK) sebagai kontraktor PT Putra Banua Tapin (PT. PBT) belum mempunyai rancangan sekuen penambangan dari rancangan pit limit yang sudah ditentukan oleh PT Putra Banua Tapin (PT. PBT), sehingga penulis melakukan penelitian mengenai perancangan sekuen tambang pada penambangan batubara di PT Kalimantan Lintas Khatulistiwa (PT. KLK)

Dalam perancangan sekuen, perlu diketahui cadangan batubara, tahapan dan nilai (batubara, overburden) dan rancangan soil bank dan disposal setiap sekuen. Untuk mengolahnya digunakan software pertambangan, data – data yang diperlukan seperti: data lubang bor, peta topografi, target produksi dan geometri (pit, soil bank dan disposal). Cadangan diperoleh dari perhitungan rancangan batas akhir penambangan dengan stripping ratio (SR) 6, membuat rancangan sekuen serta menghitung nilai (batubara, overburden), merancang soil bank dan disposal pada setiap sekuen. Cadangan batubara pada blok tengah IUP PT Putra Banua Tapin (PT. PBT) 1.503.946ton, overburden 8.880.297 BCM dengan stripping ratio 6 (enam). Rancangan sekuen ada 12 rancangan selam setahun, nilai produksi dari setiap sekuen rata - rata batubara 30.446 ton dengan overburden ± 183.000 bcm. Tempat penimbunan material penutup batubara pada setiap sekuen dipisahkan antara material yang masih mengandung unsur hara (soil bank) dan material yang tidak mengandung unsur hara (disposal). Volume Soil bank 67.320 LCM, berada di sebelah timur pit LM, volume terbesar pada sekuen pertama dan sekuen keenam.  Disposal pada sekuen pertama di sebelah timur pit LM, sekuen kedua sampai keenam di sebelah barat pit IJK dan pada sekuen ketujuh sampai keduabelas berada di bekas pit LM, volume total disposal 1.927.257 CCM.

 

Kata kunci:Pit Limit, Sekuen, Soil Bank, Disposal

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI