DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH KARAKTERISTIK NASABAH, PENGETAHUAN NASABAH, KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN MENGGUNAKAN JASA PERBANKAN SYARIAH (STUDI PADA BANK KALSEL SYARIAH BANJARMASIN)
PENGARANG:DARMADIANSYAH
PENERBIT:-
TANGGAL:2017-11-08


Dalam menggunakan jasa perbankan syariah masyarakat sering dipengaruhi
oleh banyak hal-hal seperti karakteristik nasabah, pengetahuan akan produk-produk
perbankan syariah dan juga kualitas pelayanan yang dirasakan. Masih banyaknya
masyarakat yang tidak mengenal secara jelas produk / jasa yang ditawarkan oleh
bank-bank syariah, serta adanya pemahaman yang masih rendah tentang lembaga
keuangan syariah yang membuat nasabah menjadi bingung dan mengakibatkan
kecenderungan masyarakat lebih memilih lembaga keuangan konvensional.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji Pengaruh Karakteristik Nasabah,
Pengetahuan Nasabah, dan Kualitas Pelayanan, Terhadap Keputusan Menggunakan
Jasa Perbankan Bank Kalsel Syariah Banjarmasin. Pendekatan penelitian
menggunakan pendekatan Kuantitatif. Dengan tipe penelitian Desain Kausal.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh nasabah pemilik rekening aktif
Tabungan pada Bank Kalsel Syariah Kantor Cabang Banjarmasin. Sampel sebanyak
170 Nasabah yang dipilih secara
accidental sampling. Teknik pengumpulan data
menggunakan kuisioner sedangkan analisa data menggunakan Regresi Linear
Berganda.
Hasil pengujian membuktikan secara parsial karakteristik nasabah (X
1), dan
kualitas pelayanan (X
3), mempengaruhi terhadap keputusan menggunakan jasa
perbankan Syariah (Y) , sedangkan pengetahuan nasabah (X2) ,tidak berpengaruh
secara parsial terhadap keputusan menggunakan jasa bank syariah di Bank Kalsel
Syariah Banjarmasin. Karakteristik nasabah (X
1) merupakan variabel yang
memberikan konstribusi dominan terhadap keputusan menggunakan jasa perbankan
syariah dengan konstribusi sebesar 35,9%. Sedangkan secara simultan menunjukan
adanya pengaruh signifikan variabel Karakteristik nasabah, pengetahuan nasabah,
kualitas pelayanan terhadap proses keputusan menggunakan jasa perbankan syariah.
Hal ini dibuktikan dengan nilai
Adjusted R Square model regresi sebesar 0,246
yang artinya bahwa variabel dependen dipengaruhi oleh variable independent
sebesar 24,6%. Dan sisanya sebesar 75,4% dipengaruhi oleh variabel lain yang
tidak disebutkan dalam penelitian ini.


Kata kunci : Karakteristik, Pengetahuan, Kualitas Pelayanan dan Keputusan
Menggunakan jasa ban
k syariah.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI