DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | ANALISIS KINERJA JALAN DENGAN PEMISAH ARAH DAN TANPA PEMISAH ARAH PADA JALAN A.YANI SATUI | |
PENGARANG | : | ABDY HERWANDY | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2019-03-29 |
ANALISIS KINERJA JALAN DENGAN PEMISAH ARAH DAN TANPA PEMISAH ARAH PADA JALAN A.YANI SATUI
Oleh:
Abdy Herwandy
Pembimbing:
Dr. Iphan F. Radam, MT.
19730903 199702 1 001
ABSTRAK
Jalan yang terdapat di Kota Satui merupakan jalan yang menghubungkan kota-kota besar yang ada di Kalimantan Selatan, jalan tersebut juga sering dilalui truk-truk pertambangan. Dari Kondisi tersebut akan terjadi pergerakan orang, barang dan jasa yang tinggi.Untuk itulah perlu diadakannya peninjauan untuk mengetahui kinerja pada ruas jalan tersebut.
Lokasi pada penelitian ini yaitu pada jalan A.Yani, Kota Satui Provinsi Kalimantan Selatan. Pada jalan tersebut ada sebagian jalan yang memiliki median dan tidak memiliki median. Data yang dikumpulkan dari hasil survey lalu lintas adalah data primer yang mencakup data geometrik, data volume lalu lintas dan data kecepatan perjalanan, dan data sekunder yang mencakup gambaran daerah penelitian. Data yang diperoleh kemudian dikelompokkan sesuai komposisi kendaraan. Selanjutnya data dibuat menjadi data lalu lintas per jam untuk mendapatkan volume, kecepatan, dan kepadatan. Data yang diperoleh dianalisis sampai mendapatkan kapasitas, model hubungan yang sesuai, dan perubahan kinerja antara ruas jalan.
Hasil analisis data pada Jalan A.Yani, Kota Satui yaitu volume maksimum yang didapat pada ruas jalan dengan median sebesar 468,75 smp/jam sedangkan pada ruas jalan tanpa median sebesar 421,51 smp/jam. Kepadatan maksimum pada ruas jalan dengan median sebesar 133,67 smp/km sedangkan pada ruas jalan tanpa median sebesar 55,86 smp/km. Kecepatan maksimum yang didapat pada ruas jalan tanpa median sebesar 129,2 km/jam sedangkan pada ruas jalan dengan median kecepetan maksimum sebesar 60,87 km/jam. Model hubungan yang sesuai untuk Jalan A.Yani, Kota Satui pada ruas jalan dengan median adalah model Underwood, y = 61,161e-0,048x dengan nilai R sebesar 0,90675 sedangkan pada ruas jalan tanpa median adalah model Greenberg, y = -20,41ln(x) + 82,208 dengan nilai R sebesar 0,90161.
Kata Kunci: Analisis kinerja jalan, karakteristik lalu lintas
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI