DIGITAL LIBRARY



JUDUL:TEKNIK SKARIFIKASI PERCEPATAN DAN PENINGKATAN DAYA KECAMBAH BENIH SENGON BUTO (Enterolobium cyclocarpum)
PENGARANG:MUHAMAD HIDAYATULAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-03-29


MUHAMAD HIDAYATULAH, Teknik Skarifikasi Percepatan dan Peningkatan Daya Kecambah Benih Sengon Buto(Enterolobium cyclocarpum). Dibimbing oleh Prof. Dr. Ir. H. Yudi Firmanul Arifin, M. Sc. sebagai dosen pembimbing I dan Susilawati, S.Hut, M.P. sebagai dosen pembimbing II.

            Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis daya kecambah pada setiap perlakuan dan menganalisis laju perkecambahan pada setiap perlakuan. Penelitian ini diharapkan memberikan informasi tentang teknik skarifikasi dalam percepatan dan peningkatan daya kecambah benih sengon buto (Enterolobium cyclocarpum).

     Objek pada penelitian ini adalah benih sengon buto (Enterolobium cyclocarpum) sebanyak 450 benih. Analisis data menggunakan persentase tumbuh tanaman dan Rancangan Acak Lengkap  dengan pola faktorial (RAL faktorial) dengan faktor A (Perendaman) terdiri dari 3 perendaman (air panas, air biasa dan tanpa perendaman) faktor B (naungan) terdiri dari 3 perlakuan (rumah kaca, paranet dan tempat terbuka) sehingga terdapat 9 kombinasi perlakuan dengan ulangan sebanyak 50 kali.

     Hasil penelitian menunjukan bahwa persentase daya perkecambahan pada  rumah  kaca dengan  perendaman air panas menghasilkan pertumbuhan terbaik sebesar 52% dan laju perkecambahan dengan menggunakan air panas pada suhu 1000C  direndam selama 5 menit menghasilkan pertumbuhan tertinggi.

 

Kata kunci: Sengon buto, naungan, perendaman, persentase perkecambahan


Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI