DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENINGKATAN PEMAHAMAN SEKS ANAK TUNAGRAHITA SEDANG KELAS XII DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL DI SMALB YPLB BANJARMASIN
PENGARANG:AHMAD MUHTADIN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-04-01


ABSTRAK

 

Ahmad Muhtadin, A1F114064, 2018. Peningkatan Pemahaman Seks Anak Tunagrahita Sedang Kelas XII dengan Menggunakan Media Audio Visual di SMALB YPLB Banjarmasin. Skripsi Program S-1 Pendidikan Khusus Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing 1: Dr. Ali Rachman, M.Pd dan Pembimbing II: Mirnawati, M.Pd

Kata Kunci: Anak tunagrahita sedang, pemahaman seks, pembelajaran

media audio visual

            Salah satu masalah yang dapat ditemui pada anak tunagrahitasedang ialah ketidaksesuaian pemahaman seks dengan umur seharusnya. Pemahaman seks merupakan salah satu hal penting untuk menyesuaikan aturan dan norma yang berlaku di kehidupan  sehari-hari. Kurangnya pemahaman seks pada anak tunagrahita sedang jelas merupakan suatu masalah utama. Tujuan  penelitian ini untuk mengetahui peningkatan pemahaman seks anak tunagrahita sedang kelas XII dengan  menggunakan media audio visual di SMALB YPLB Banjarmasin.

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian penelitian eksperimen single subject research. Desain penelitian eksperimen dengan subjek tunggal ini menggunakan desain A-B-A, yang terdiri dari baseline 1 (A1) sebagai data awal sebelum dilakukan intervensi, intrevensi (B) menggunakan media audio visual dan baseline 2 (A2) kembali dilakukan tanpa adanya perlakuan (tanpa media). Subjek penelitian ini adalah anak tunagrahita kelas XII di SMALB YPLB Banjarmasin. Teknik pengumpulan data adalah dengan menggunakan tes dan angket, sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dalam kondisi dan antar kondisi.

            Hasil penelitian menunjukkan bahwa mean level pemahaman seks anak tunagrahita sedang pada tahap A137%, mean level B 59% dan mean level A2 68%. Berdasarkan hasil tersebut dapatdisimpulkan terlihat adanya peningkatan pemahaman seks anak tunagrahita sedang kelas XII dengan menggunakan pembelajaran media audio visual di SMALB YPLB Banjarmasin.

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI