DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Analisis Tingkat Erosi pada Daerah Aliran Sungai (DAS) Amandit
PENGARANG:Julita Safitri
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-04-01


INTISARI

 

Penelitian ini berjudul Analisis Tingkat Erosi pada Daerah Aliran Sungai (DAS) Amandit. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat erosi yang terjadi pada Daerah Aliran Sungai (DAS) Amandit, menganalisis jenis-jenis erosi yang terjadi pada Daerah Aliran Sungai Amandit, dan mengetahui persebaran tingkat erosi pada Daerah Aliran Sungai (DAS) Amandit. Jenis penelitian ini bersifat Kuantitatif.

Analisa data yang digunakan adalah berdasarkan hasil perhitungan dari rumus USLE yang digunakan untuk mengetahui tingkat erosi yang terjadi pada wilayah penelitian. Metode USLE merupakan metode yang umum digunakan untuk memprediksi laju erosi karena lebih sederhana. Metode USLE terdiri dari indeks erosivitas hujan (R), Erodibilitas tanah (K), panjang dan kemiringan lereng (LS), vegetasi penutup tanah (C) dan tindakan khusus konservasi (P).

Hasil penelitian menunjukkan tingkat erosi yang terjadi di Daerah Aliran Sungai (DAS) Amandit termasuk dalam klasifikasi berat. Faktor yang dominan yang mengakibatkan tingkat erosi pada Daerah Aliran Sungai (DAS) Amandit termasuk dalam klasifikasi berat adalah kemiringan lereng dan nilai erodibilitas yang tinggi. Lereng yang curam akan mempengaruhi kecepatan laju air permukaan pada saat hujan turun, kemiringan lereng mempengaruhi erosi melalui ran off. Nilai erodibilitas tanah yang tinggi menunjukkan semakin mudah tanah mengalami erosi.

 

Kata Kunci: Erosi, USLE, DAS Amandit

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI