DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS RUAS JALAN DAN KEBISINGAN PADA JALAN MAYJEN SUTOYO SISWOMIHARJO KOTA BANJARMASIN
PENGARANG:ADRYAN RAMADHAN HIDAYAT
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-08-02


ABSTRAK

Jalan adalah sarana transportasi darat yang meliputi segala bagian jalan, terutama bangunan penghubung, pelengkap, serta perlengkapannya yang diperuntukan bagi lalu lintas. Jalan juga sebagai salah satu sumber utama kebisingan yang dapat mengganggu sebagian masyarakat perkotaan. Penyebabnya antara lain: suara klakson dan gesekan roda dengan jalan. Kota Banjarmasin merupakan salah satu kota yang perkembangannya cukup pesat serta memiliki jumlah penduduk yang padat. Oleh karena itu, pengamatan ini dilakukan untuk menganalisis tingkat kebisingan yang terjadi pada Jalan Sutoyo Siswomiharjo, Banjarmasin.

Nilai Volume (V) lalu lintas ruas arah pergi terbesar terjadi pada jam 07.20 – 08.20 WITA dengan nilai 1.097,25 smp/jam, kecepatan (S) tertinggi pada arah pergi tertinggi terjadi pada jam 10.40 – 11.40 WITA dengan nilai 33,75 km/jam dan model hubungan karakteristik yang dipilih yaitu model Greenshields dengan koefisien korelasi sebesar 0,908. Sedangkan, untuk nilai Volume (V) lalu lintas ruas jalan arah pulang terbesar terjadi pada jam 17.00 – 18.00 WITA dengan nilai 1.028,95 smp/jam, kecepatan (S) pada arah pulang tertinggi terjadi pada jam 14.30-15.30 WITA dengan nilai 36,67 km/jam dan model hubungan karakteristik yang dipilih yaitu model Greenshields dengan koefisien korelasi sebesar 0,949.

Nilai kebisingan tertinggi terjadi pada pukul 16.50 – 17.50 dengan nilai 81,6 dB dan nilai Tingkat kebisingan terendah terjadi pada pukul 06.00 – 07.00 dengan nilai 70,61 dB. persamaan terbaik adalah dengan persamaan polynomial dengan y = -0,0005x2 + 0,0091x + 77,227 ????2 = 0,6100. Sehingga, didapat bahwa lokasi pengamatan termasuk zona 2 (perdagangan dan jasa).

Kata Kunci: Kecepatan, Lalu Lintas, Volume, Kebisingan.

 

ABSTRACT

Roads are a means of land transport that includes all parts of the road, especially connecting buildings, appendages, and equipment intended for traffic. Roads are also one of the main sources of noise that can disturb some urban communities. The causes include the sound of horns and the friction of wheels against the road. Banjarmasin City is one of the cities that is developing quite rapidly and has a dense population. Therefore, this observation was conducted to analyse the noise level that occurs on Sutoyo Siswomiharjo Street, Banjarmasin.

The largest volume (V) value of traffic in the outbound direction occurred at 07.20 - 08.20 A.M. with a value of 1,097.25 smp / hour, the highest speed (S) in the outbound direction occurred at 10.40 - 11.40 A.M. with a value of 33.75 km / hour and the selected characteristic relationship model is the Greenshields model with a correlation coefficient of 0.908. Meanwhile, for the value of the Volume (V) of traffic in the return direction the largest road section occurred at 05.00 - 06.00 P.M. with a value of 1,028.95 smp / hour, the highest speed (S) in the return direction occurred at 02.30 - 03.30 P.M. with a value of 36.67 km / hour and the selected characteristic relationship model is the Greenshields model with a correlation coefficient of 0.949.

The highest noise value occurs at 16.50 - 17.50 with a value of 81.6 dB and the lowest noise level value occurs at 06.00 - 07.00 with a value of 70.61 dB. The best equation is the polynomial equation with y = -0.0005x2 + 0.0091x + 77.227 ????2 = 0.6100. Thus, it is found that the observation location belongs to zone 2 (trade and services).

Keywords: Speed, Traffic, Volume, Noise.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI