DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN MODUL AJAR BIOLOGI KELAS X BERBASIS KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA TEMA VIRUS
PENGARANG:AHMAD HAITOMI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-08-02


RINGKASAN

 

 

 

Ahmad Haitomi, 2024. Pengembangan Modul ajar Biologi Kelas X  Berbasis Keterampilan Kritis Peserta Didik pada Tema Virus. Tesis. Magister Pendidikan Biologi, Program Pascasarjana Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing 1 Prof. Dr. H. Aminuddin Prahatama Putra, M.Pd; Pembimbing 2 Dr. Suydino, M.Pd.,

 

 

 

Pembelajaran pada kurikulum merdeka sangat mendukung pada pembelajaran yang berdeferesiensi dan mengajarkan sikap profil pelajar pancasila dimana masih perlu ditingkatkan dalam hal pengaplikasian modul ajar yang dapat melatihkan keterampilan berpikir kritis yang juga merupakan salah satu keterampilan abad 21, sehingga dilakukan penelitian pengembangan modul ajar berbasis keterampilan berpikir kritis peserta didik yang layak dengan tujuan mendeskripsikan bagaimana karakteristik modul ajar, bagaimana validitas modul ajar dan bagaimana kepraktisan modul ajar. Dengan metode penelitian pengembangan yang menerapkan model penelitian 4D yang dilakukan dengan melakukan analisis terhadap kebutuhan belajar peserta didik dan dilanjutkan mendesain modul ajar yang berbasis keterampilan berpikir kritis dengan divalidasai oleh tiga pakar dan enam praktisi didapatkan hasil rata-rata berada pada kategori Valid dan penilaian kepraktisan dengan penilaian dan respon enam pengajar yang telah menggunakan modul ajar yang dikembangkan didapat hasil kepraktisan berada pada kategori baik. Sehingga modul ajar yang dikembangkan dapat dinilai layak berdasarkan aspek validitas dan kepraktisan, dan dapat dilanjutkan pada tahap pengujian lapangan dan menyebarluaskan modul ajar yang dikembangkan pada penelitian lanjutan.

 

Kata kunci: abad 21, keterampilan berpikir kritis, modul ajar, profil pelajar pancasila, validitas

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI