DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH PERENCANAAN ANGGARAN, PELAKSANAAN ANGGARAN, PELAPORAN/PERTANGGUNGJAWABAN ANGGARAN DAN EVALUASI KINERJA ANGGARAN BERBASIS KINERJA TERHADAP AKUNTABILITAS KINERJA INSTANSI PEMERINTAH (Studi pada Satuan Kerja Perangkat Daerah Kota Banjarmasin)
PENGARANG:Noor Annisa Aulia
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-04-01


Noor Annisa Aulia (2018). Pengaruh Perencanaan Anggaran, Pelaksanaan Anggaran, Pelaporan/Pertanggungjawaban Anggaran dan Evaluasi Kinerja Anggaran Berbasis Kinerja Terhadap Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (Studi Pada Satuan Kerja Perangkat Daerah Kota Banjarmasin). Pembimbing : Rasidah.

 

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh perencanaan anggaran, pelaksanaan anggaran, pelaporan/pertanggungjawaban anggaran dan evaluasi kinerja anggaran berbasis kinerja terhadap akuntabilitas kinerja instansi Pemerintah (Studi Pada Satuan Kerja Perangkat Daerah Kota Banjarmasin). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif.

Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) yang berada di Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dalam lingkup Pemerintah Kota Banjarmasin yang berjumlah 4 (empat) orang terdiri dari PA/KPA, PPK, PPTK, dan bendaharawan/ti pembantu dengan jumlah responden 120 orang dari 30 SKPD. Jenis data yang digunakan adalah data primer. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik kuesioner yang dibagikan kepada para responden. Teknik analisis data menggunakan model analisis regresi linear berganda dan uji hipotesis dengan uji simultan (uji F) dan uji parsial (uji t) dengan menggunakan software SPSS 23.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) perencanaan anggaran tidak berpengaruh signifikan terhadap akuntabilitas kinerja instansi pemerintah. (2) pelaksanaan anggaran tidak berpengaruh signifikan terhadap akuntabilitas kinerja instansi pemerintah. (3) pelaporan/ pertanggungjawaban anggaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap akuntabilitas kinerja instansi pemerintah. (4) evaluasi kinerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap akuntabilitas kinerja instansi pemerintah.

 

Kata Kunci:   Perencanaan Anggaran, Pelaksanaan Anggaran, Pelaporan/ Pertanggungjawaban Anggaran, Evaluasi Kinerja, Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI