DIGITAL LIBRARY



JUDUL:EKSISTENSI GENERASI MUDA DALAM MELESTARIKAN CIVIC CULTURE Di KOTA BANJARMASIN (STUDI KASUS PASAR TERAPUNG TANDEAN banjarmasin)
PENGARANG:MUHAMMAD ARIFIN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-08-05


Pasar Terapung Banjarmasin merupakan fasilitas umum yang diciptakan untuk masyarakat dan wisatawan belanja dan rekreasi di Pasar Terapung Kota Banjarmasin. Masalah pokok dalam penelitian ini adalah ingin melihat dari pandangan pemuda dan masyarakat kota Banjarmasin terhadap kebudayaan Pasar Terapung Tendean Banjarmasin tersebut. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peran pemuda dalam pelestarian budaya kewarganegaraan Civic Culture di Pasar Terapung Tendean Banjarmasin dengan memperhatikan Pengetahuan, Kesadaran, dan Memahami.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan tahap pemilihan data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang di dapat mengenai eksistensi generasi muda dalam melestarikan Civic Culture di Pasar Terapung Tendean Banjarmasin : (1) Pemahaman pemuda terhadap pengelola Civic Culture di kawasan Pasar Terapung Tandean Banjarmasin terjalin dengan adanya sistem informasi yang transpran melalui warisan budaya, demokrasi dan gotong-royong yang dilakukan generasi muda Kota Banjarmasin. (2) Peran Pemuda dalam budaya Pasar Terapung Tandean Banjarmasin sebagai memperkuat Civic Culture dengan rasa peduli akan kesadaran dan pengetahuan yang dimiliki oleh generasi muda, dengan tambahan organisasi yang dilakukan oleh generasi muda tersebut maka warisan budaya pasar terapung terawat dan terjaga dari generasi ke generasi. Tindakan yang harus di lakukan pemerintah kota Banjarmasin seharusnya mengenalkan budaya kewarganegaraan Civic Culture mengenai pelestarian budaya kewarganegaraan di Pasar Terapung Tendean Banjarmasin melalui sosialisasi, pengajaran di sekolah mengenai budaya dan juga mengadakan seminar serta gerakan pemuda cinta budaya kewarganegaraan di Pasar Terapung Tendean Banjarmasin.

 

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI