DIGITAL LIBRARY



JUDUL:HUBUNGAN CAPAIAN INDIKATOR RASIO KEUANGAN TERHADAP KINERJA KEUANGAN SEBELUM DAN SAAT PANDEMI COVID-19 (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN SUB SEKTOR MAKANAN DAN MINUMAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2018 – 2021)
PENGARANG:DIYA AZWARINI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-08-05


Diya Azwarini (2024). Hubungan Capaian Indikator Rasio Keuangan Terhadap Kinerja Keuangan Sebelum dan Saat Pandemi Covid-19 (Studi Empiris Pada Perusahaan Sub Sektor Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2018 – 2021). Pembimbing : Prof. Dr. SYAIFUL HIFNI, Drs. Ec. M.Si, Ak, CA  

 

 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis kinerja keuangan perusahaan sub sektor makanan dan minuman sebelum dan saat pademi Covid-19 berdasarkan rasio likuiditas berupa current ratio, quick ratio, dan cash ratio, rasio profitabilitas berupa gross profit margin, net profit margin, return on assets, dan return on equity, rasio solvabilitas berupa debt to assets ratio dan debt to equity ratio dan rasio aktivitas berupa total asset turnover, inventory turnover, working capital turn over dan fixed assets turnover.  Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif komparatif. Populasi penelitian ini adalah perusahaan sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan total sampel sebanyak 17 perusahaan sub sektor makanan dan minuman menggunakan metode purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis rasio, statistik deskriptif, uji normalitas dan uji hipotesis wilxocon rank test.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan pada variabel current ratio, quick ratio, cash ratio, gross profit margin, net profit margin, return on assets, return on equity, debt to assets ratio, debt to equity ratio dan inventory turnover pada perusahaan sub sektor makanan dan minuman sebelum dan saat pandemi Covid-19. Sementara variabel total asset turnover, working capital turn over dan fixed assets turnover pada perusahaan sub sektor makanan dan minuman sebelum dan saat pandemi Covid-19 terdapat perbedaan. 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI