DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS PERBEDAAN HASIL BELAJAR PADA MATERI INDUSTRI KEUANGAN NONBANK KELAS X SMA NEGERI 1 GAMBUT DENGAN PENDEKATAN GAMIFIKASI WORDWALL
PENGARANG:NORJANAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-08-05


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan gamifikasi wordwall dalam meningkatkan hasil belajar ekonomi peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Gambut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Pre-Eksperimental Design dengan penelitian One-Group Pretest Posttest Design. Dalam penelitian ini penarikan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Adapun sampel  pada penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas X5 yang berjumlah berjumlah 33 peserta didik yang terdiri dari 14 laki-laki dan 19 perempuan. Variabel dalam penelitian ini hanya ada satu atau merupakan variabel mono atau variabel mandiri. Variabel mono tersebut adalah hasil belajar.Teknik pengumpulan data berupa angka-angka yang berasal dari dokumen hasil belajar pretest-posttest.Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji prasyarat yakni ujinormalitas, dan uji linearitas, kemudian diuji hipotesis menggunakan uji regresi linear sederhana dan uji paired samples test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar ekonomi pada data pretest-posttest pertemuan pertama dan data pretest-posttest pertemuan kedua. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, dapat ditarik sebuah kesimpulan bahwa terdapat perbedaan signifikan hasil belajar dengan penggunaan gamifikasi wordwall pada materi industri keuangan nonbank Kelas X SMA Negeri 1 Gambut.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI