DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERTUKARAN SOSIAL PADA TRADISI SUMBANG-MENYUMBANG DALAM ACARA PERNIKAHAN DI DESA WONOREJO KECAMATAN SATUI KABUPATEN TANAH BUMBU
PENGARANG:WIDA WIJAYANTI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-04-02


ABSTRAK

Wida Wijayanti, 2018. Pertukaran Sosial Pada Tradisi Sumbang-menyumbang Dalam Acara Pernikahan di Desa Wonorejo Kecamatan Satui Kabupaten Tanah Bumbu. Skripsi Program Studi Pendidikan Sosiologi Antropologi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial FKIP Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing (1) Yusuf Hidayat, (II) Laila Azkia

Kata Kunci : Proses Pertukaran Sosial, Bentuk Pertukaran Sosial, Tradisi

Sumbang-menyumbang

 

            Kegiatan sumbang-menyumbang pada umumnya dilakukan oleh masyarakat, namun dalam suatu kegiatan acara pernikahan melibatkan orang banyak, memerlukan bantuan tenaga dan materi sehingga saling membantu dalam acara pernikahan pada masyarakat  di Desa Wonorejo. Penelitian ini bertujuan:  (1) Untuk mengetahui proses pertukaran sosial pada masyarakat dalam melaksanakan tradisi sumbang-menyumbang di Desa Wonorejo Kecamatan Satui Kabupaten Tanah Bumbu (2) Untuk mengetahui bentuk pertukaran sosial sumbang menyumbang dalam acara pernikahan di Desa Wonorejo Kecamatan Satui Kabupaten Tanah Bumbu.

            Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Informan dalam penelitian ini berjumlah enam orang yang ditentukan melalui Accidental dan Snowball Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi.

            Penelitian ini menemukan bahwa: (1) Proses pertukaran sosial yang terjadi  dalam sumbang-menyumbang pada masyarakat Desa Wonorejo Kecamatan Satui Kabupaten Tanah Bumbu terdapat beberapa proposisi yang dilakukan yaitu pertama melalui proposisi sukses. Tamu undangan yang datang ke rumah pemilik hajatan untuk melakukan rewang, kemudian pemilik hajatan akan memberikan hidangan kepada tamu undangan sebagai bentuk timbal balik. Proses pertukaran sosial kedua melalui proposisi stimulus. Dalam proposisi stimulus Pemilik hajatan menginginkan acara berjalan dengan lancar jadi pemilik acara memilih orang yang teliti untuk melakukan pencatatan uang (Glidig) sehingga pemilik hajatan mendapatkan hasil yang diinginkan (2) Bentuk pertukaran sosial dalam sumbang-menyumbang pada masyarakat Desa Wonorejo Kecamatan Satui Kabupaten Tanah Bumbu melalui pertukaran langsung. Dalam relasi pertukaran langsung antara dua aktor, hasil tiap aktor tergantung secara langsung terhadap perilaku aktor yang satunya. Pada masyarakat yang mempunyai hajatan mendapatkan sumbangan oleh orang yang datang begitupun sebaliknya.  

            Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan pada masyarakat Desa Wonorejo Kecamatan Satui Kabupaten Tanah Bumbu dapat menjaga dan mempertahankan tradisi sumbang-menyumbang, menjaga hubungan kekerabatan yang terjalin dengan baik, meningkatkan sikap saling tolong-menolong antar warga masyarakat Desa Wonorejo.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI