DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pengaruh Pembelajaran dan Praktik Kewirausahaan Terhadap Pengembangan Nilai Kemandirian Siswa Kelas XI SMK Muhammadiyah 1 Banjarmasin
PENGARANG:Novia maulinda, S.Pd
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-04-02


ABSTRAK

Novia Maulinda, 2019.Pengaruh Pembelajaran dan Praktik Kewirausahaan terhadap Pengembangan Nilai Kemandirian Siswa Kelas XI SMK Muhammadiyah 1 Banjarmasin. Tesis pada Program Studi Magister Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,  Universitas Lambung Mangkurat, Pembimbing(1) Prof. Dr. H. Rizali Hadi, MM, (2) Dr. Ellyn Normelani, M.Pd.

Kata kunci: Nilai Kewirausahaan, Kemandirian, Pembelajaran dan Praktik Kewirausahaan, SMK Muhammadiyah 1 Banjarmasin

Kementerian Pendidikan Nasional, Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum, pembelajaran kewirausahaan diarahkan untuk membentuk nilai-nilai pokok kewirausahaan, salah satu nilai tersebut adalah nilai kemandirian. Rancangan nilai kemandirian pada peserta didik SMK diintegrasikan pada materi melalui proses pembelajaran dan praktik kewirausahaan.

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui bagaimana pembelajaran, praktik, dan pengembangan nilai kemandirian serta mengetahui pengaruh pembelajaran dan praktik kewirausahaan terhadap pengembangan nilai kemandirian siswa kelas XI SMK Muhammadiyah 1 Banjarmasin.

Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif asosiatif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Akuntansi SMK Muhammadiyah 1 Banjarmasin yang berjumlah 56 siswa. Teknik sampel yang digunakan adalah sampel jenuh dimana seluruh populasi tersebut dijadikan sebagai sampel penelitian. Teknik pengumpulan data berupa metode angket dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda.

Hasil penelitian diperoleh persentase untuk variabel pengaruh pembelajaran dan praktik kewirausahaan terhadap pengembangan nilai kemandirian yaitu sebesar 73,2% dalam kategori kuat dengan nilai uji  Fhitung sebesar  72,272 sedangkan nilai  Ftabel = 3,20 untuk. Maka Fhitung = 69,072 > Ftabel  karena Fhitung lebih besar dari Ftabel  artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara pengaruh pembelajaran dan praktik kewirausahaan terhadap pengembangan nilai kemandirian artinya sumbangan pengaruh variabel pengaruh pembelajaran dan praktik kewiausahaan terhadap pengembangan nilai kemandirian sebesar 73,2%, sedangkan sisanya 26,8% dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian seperti gen orang tua atau keturunan, pola asuh, sistem pendidikan di sekolah, sistem kehidupan dimasyarakat, jenis kelamin, urutan posisi anak dalam keluarga dan usia.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI