DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | DESAIN JEMBATAN SUNGAI KUPANG III TYPE KOMPOSIT RUAS JALAN TANIRAN - TAWIA, KANDANGAN, KABUPATEN HULU SUNGAI SELATAN PROVINSI KALIMANTAN SELATAN | |
PENGARANG | : | Hernalky Patria Dharma | |
PENERBIT | : | FAKULTAS TEKNIK | |
TANGGAL | : | 2017-11-08 |
ABSTRAK
Pada Kecamatan Angkinang, salah satu kecamatan yang terletak di Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Provinsi Kalimantan Selatan. Di kecamatan ini terdapat ruas jalan yang menghubungkan Desa Taniran dengan Desa Tawia,Pada ruas jalan tersebut terdapat sebuah jembatan kayu ulin sederhana, Namun kondisi jembatan tersebut dirasa sudah tidak layak karena terdapat lubang-lubang disepanjang jembatan. sehingga kurang aman untuk dilalui masyarakat sekitar apalagi dilalui oleh truk-truk pengangkut hasil kelapa sawit, Oleh karena itu diperlukan adanya peningkatan jembatan dari jembatan kayu ulin sederhana menjadi jembatan permanen berupa struktur atas dengan jembatan komposit dan struktur bawah.
Metodologi yang digunakan dalam perencanaan struktur atas mengacu kepada standar bina marga (RSNI-T-02-2005). Perencanaan gelagar menggunakan metode LRFD yang mengacu pada SNI-03-1729-2002, sedangkan dalam perencanaan struktur bawah metodelogi dalam perencanaan abutmen menggunakan jenis beton bertulang. Perencanaan daya dukung pondasi menggunakan metode Mayeerof dan Bazara dengan effisiensi tiang menggunakan persamaan converse-labarre formula.
Dari hasil perhitungan didapat untuk struktur atas dengan lebar total
jembatan 7 m. Pada pelat lantai digunakan beton dengan mutu fc’ 25 MPa (K-
300). Pada Pelat lantai didapatkan desain pelat lantai 25 cm. Spesifikasi mutu baja yang digunakan sebagai gelagar Profil WF.1100.400.20.36 dengan mutu baja
BJ55 (fy 410 MPa). Pada pelat lantai digunakan beton dengan mutu fc’ 25 MPa
(K-300). Sedangkan pada struktur bawah yaitu abutmen digunakan beton dengan
mutu fc’ 20 Mpa (K-250). Pada pondasi digunakan tiang pancang produksi dari
PT. Wika Beton berupa PC spun pile kelas C diameter 400 mm panjang 24 m
sebanyak 8 buah tiang pada satu abutment. Biaya pekerjaan untuk struktur atas sebesar Rp. 1.625.672.123,- dan biaya pekerjaan untuk struktur bawah sebesar Rp. 532.532.130,-, total biaya pekerjaan jembatan sebesar Rp. 2.158.204.254.-
Kata kunci: Jembatan komposit, Spun Pile,
NO | DOWNLOAD LINK |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI