DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KINERJA BADAN PENANGGULANGAN BENCANA DAERAH TERHADAP BENCANA BANJIR DI KECAMATAN MURUNG KABUPATEN MURUNG RAYA
PENGARANG:DENI PERONIKA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-04-03


ABSTRAK

Deni Peronika,D1B114209, 2018, “Kinerja Badan Penanggulangan Bencana Daerah Terhadap Bencana Banjir di Kecamatan Murung Kabupaten Murung Raya” dibawah bimbingan Ellisa Vikalista selaku pembimbing I dan H.Saifudin  pembimbing II.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Kinerja Badan Penanggulangan Bencana Daerah Terhadap bencana banjir di Kecamatan Murung Kabupaten Murung Raya. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kinerja organisasi menurut Mitchel dalam buku Sedarmayanti Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja yang terdiri dari lima indikator, yaitu kualitas kerja, ketepatan waktu, inisiatif, kemampuan, dan komunikasi. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi,wawancara dan dokumentasi, dan dengan informan Kepala BPBD Kabupaten Murung Raya, Kepala Bidang Seksi Bidang Pencegahan Dan Kesiapsiagaan, pegawai BPBD, tokoh masyarakat.

Hasil penelitian menunjukan bahwa indikator kualitas kerja BPBD sudah cukup baik hanya ada beberapa yang perlu lengkapi seperti peralatan, dan inisiatif dalam menanggulangi bencana. Ketepatan waktu BPBD Kabupaten Murung Raya dalam menanggulangi bencana sudah cukup baik dilihat ketika mereka mendirikan posko untuk kesiapan penanggulangan bencana banjir. Inisiatif BPBD sudah cukup baik dengan memberikan bantuan serta bertanggungjawab pada tugas yang diberikan. Kemampuan BPBD dalam hal ini kemampuan para pegawai tidak semuanya terlatih dan bisa menanggulangi semua bencana. Komunikasi BPBD sudah cukup baik mereka selalu mendiskusikan bagaimana penanggulangan bencana yang akan ditanggulangi serta melihat jenis bencana seperti apa dan bagaimana penanganannya.

Kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Murung Raya agar bisa melengkapi semua peralatan seperti perahu karet, alat ukur ketinggian sungai, tenda, serta melakukan simulasi terhadap para pegawai agar lebih berkompeten dalam penanggulangan bencana.

 

Kata kunci : kinerja,BPBD,penanggulangan bencana banjir

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI