DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS PEMANFAATAN FLY ASH DAN BOTTOM ASH SEBAGAI CAMPURAN MATERIAL PERKERASAN JALAN PADA ROAD BASE DI PLTU ASAM-ASAM
PENGARANG:ADING FAHRIZA AMIN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-04-04


Besarnya jumlah limbah abu batubara akibat penggunaan batubara sebagai bahan bakar PLTU menimbulkan masalah terutama dalam proses pembuangannya karena membutuhkan tempat serta fasilitas pembuangan yang relatif mahal. Pemanfaatan fly ash dan bottom ash tergolong relatif sedikit.  Dewasa ini diketahui penggunaan fly ash dan bottom ash dapat digunakan sebagai campuran material perkerasan jalan. Dalam penelitian tugas akhir ini bertujuan memanfaatkan limbah abu batubara sebagai campuran material perkerasan jalan di PLTU Asam-asam untuk mengurangi jumlah limbah abu batubara yang volumenya bertambah setiap harinya.

Penelitian ini menggunakan pengujian CBR (California Bearing Ratio) yang dilakukan di Laboratorium Transportasi dan Jalan Raya Teknik Sipil ULM dan pengujian CBR lapangan menggunakan alat DCP (Dynamic Cone Penetrometer) di PLTU Asam-asam. Pengujian CBR lapangan dilakukan sebanyak 7 titik pada 3 lapisan yang berbeda dengan komposisi fly ash, bottom ash dan semen yang berbeda.

Dari hasil pengujian yang telah dilakukan maka persentasi komposisi campuran material lapisan pondasi bawah rekomendasi adalah fly ash 70%, bottom ash 25% dan semen 5% sebagai lapisan pondasi bawah layer 1 dengan nilai CBR yang dihasilkan hampir dua kali lebih besar dari komposisi campuran material lapisan pondasi bawah 70% fly ash, 20% bottom ash dan 10%.

 

Kata Kunci: Fly ash, Bottom ash, California Bearing Ratio

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI