DIGITAL LIBRARY



JUDUL:EVALUASI SALURAN DRAINASE PADA WILAYAH KECAMATAN BANJARMASIN TIMUR KOTA BANJARMASIN
PENGARANG:RIZKY MEUTIA NORHASANAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-04-04


EVALUASI SALURAN DRAINASE PADA WILAYAH KECAMATAN BANJARMASIN TIMUR KOTA BANJARMASIN

Oleh :Rizky Meutia Norhasanah, Pembimbing : Ulfa Fitriati, M. Eng

 

ABSTRAK

 

Drainase berasal dari bahasa Inggris Drainage yang mempunyai arti mengalirkan, menguras, membuang atau mengalihkan air. Secara umum, sistem drainase dapat didefinisikan sebagai serangkaian bangunan air yang berfungsi untuk mengurangi atau membuang kelebihan air dari suatu kawasan atau lahan, sehingga lahan dapat difungsikan secara optimal. Bangunan sistem drainase terdiri dari saluran penerima, saluran pengumpul, saluran pembawa, saluran induk dan badan air penerima.

Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan berupa inventori saluran primer, dan saluran sekunder kemudian identifikasi permasalahan yang terjadi dilapangan seperti terjadi genangan dan saluran tersumbat pada kawasan Kecamatan Banjarmasin Timur, kemudian hasil lapangan tersebut di analisa jika saluran eksisting tidak dapat menampung air hujan maka saluran didesain ulang dengan menggunakan data curah hujan maksimum bulanan stasiun surgi mufti dengan panjang data 10 tahun yang dimulai pada tahun 2007 sampai dengan 2016.

Hasil dari penelitian didapatkan perhitungan pada kawasan Kecamatan Banjarmasin Timur pada periode ulang 5, 10, 25, dan 50 tidak memenuhi syarat dan harus direncanakan ulang. Desain saluran dirancang menjadi drainase saluran tertutup dikarenakan lebar jalan yang sempit maka desain saluran dibuat dengan penutup agar dapat menambah lebar jalan dan tidak mengganggu pengguna jalan tersebut, karena apabila saluran tersebut dibiarkan terbuka maka akan membahayakan bagi pengguna jalan.

 

Kata kunci :Drainase, genangan, mendesain/merancang.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI