DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MINAT BERWIRAUSAHA SISWA SMK MUHAMMADIYAH 1 BANJARMASIN DITINJAU DARI KEPERCAYAAN DIRI DAN KEMANDIRIAN
PENGARANG:Galena Putri Ayu Bestaridana
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-04-04


ABSTRAK

 

Galena Putri Ayu Bestaridana. 2019. Minat Berwirausaha Siswa SMK Muhammadiyah 1 Banjarmasin Ditinjau Dari Kepercayaan Diri Dan Kemandirian. Skripsi, Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing (I). Prof. Dr. H. Rizali Hadi, MM., (II). Dr. H. Supriyanto, Ak, M.Pd.

 

Kata Kunci : Kepercayaan Diri, Kemandirian, Minat Berwirausaha

 

            Permasalahan utama dalam ketenagakerjaan adalah pengangguran. Fenomena pengangguran menggambarkan adanya kelebihan penawaran tenaga kerja pada pasar kerja dibandingkan lowongan pekerjaan yang tersedia. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (2018) jumlah pencari kerja yang terdaftar di Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kota Banjarmasin pada tahun 2017 lebih banyak daripada jumlah lowongan kerja yang tersedia dengan persentase terbesar tingkat SLTA. Wirausaha menjadi alternatif pilihan menciptakan lapangan pekerjaan untuk orang lain. Kepercayaan diri dan kemandirian siswa diharapkan dapat meningkatkan minat berwirausaha siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui minat berwirausaha siswa SMK Muhammadiyah 1 Banjarmasin ditinjau dari kepercayaan diri dan kemandirian.

            Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, statistik deskriptif, dan teknik analisis data regresi linear berganda. Populasinya seluruh siswa kelas XI Akuntansi, Tata Niaga, dan Teknik Komputer Jaringan berjumlah 73 orang. Teknik pengambilan sampel jenuh berjumlah 73 orang.

            Hasil penelitian menunjukkan (1) kepercayaan diri secara parsial tidak berpengaruh terhadap minat berwirausaha siswa SMK Muhammadiyah 1 Banjarmasin dengan nilai t hitung < t tabel (1,705 < 1,994) (2) kemandirian secara parsial berpengaruh positif terhadap minat berwirausaha siswa SMK Muhammadiyah 1 Banjarmasin dengan nilai t hitung > t tabel (3,938 > 1,994) (3) kepercayaan diri dan kemandirian secara simultan berpengaruh positif terhadap minat berwirausaha siswa SMK Muhammadiyah 1 Banjarmasin dengan nilai F hitung > F tabel (33,490 > 3,128). Besarnya persentase sumbangan pengaruh kepercayaan diri dan kemandirian terhadap minat berwirausaha siswa SMK Muhammadiyah 1 Banjarmasin sebesar 48,9%. Sedangkan sisanya sebesar 51,1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI