DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 8 BANJARMASIN
PENGARANG:Maya
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-04-04


 

ABSTRAK

 

Maya A1A314029, 2019. Peran Kecerdasan Emosional Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI IPS Di SMA Negeri 8 Banjarmasin. (Dibawah bimbingan Dr. Hj. Sri Setiti., MM sebagai pembimbing 1 dan Monry Fraick Nicky Gillian Ratumbuysang., M.Pd sebagai pembimbing II).

 

Kecerdasan emosional adalah kemampuan seseorang mengetahui perasaan diri, perasaan orang lain, kemampuan memotivasi diri, dan hubungan sosial. Prestasi belajar adalah hasil dari proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh peran kecerdasan emosional siswa terhadap prestasi belajar ekonomi kelas XI IPS di SMA Negeri 8 Banjarmasin.

            Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kuantitatif menggunakan teknik regresi sederhana. Populasi penelitian ini adalah kelas XI IPS di SMA Negeri 8 Banjarmasin Tahun Pelajaran 2018/2019 yaitu sebanyak 134 orang. Jumlah sampel yang diambil adalah 100 orang, menggunakan teknik proportionate stratified random sampling, untukpengambilan sampel digunakan rumus Slovin. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi.

Hasil penelitian ini menunjukkan total persentase kecerdasan emosional sebesar 71,80 % dengan kategori tinggi. Prestasi belajar ekonomi dalam kategori tinggi 22 siswa atau 22%, dalam kategori cukup 70 siswa atau 70% dan dalam kategori rendah 8 siswa atau 8%.  Berdasarkan hasil perhitungan SPSS diketahui bahwa peran kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 8 Banjarmasin memiliki nilai koefisien korelasi (r) 0,729 menunjukkan korelasi yang kuat. Sementara koefisien determinasi 0,532 atau 53,2%. Dari hasil tersebut disimpulkan bahwa peran kecerdasan emosional (X) berpengaruh positif terhadap prestasi belajar ekonomi (Y).

 

Kata Kunci: Kecerdasan Emosional, Prestasi Belajar Ekonomi

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI