DIGITAL LIBRARY



JUDUL:“PERAN POLITIK KIAI DALAM PILKADA (STUDI BENTUK KETERLIBATAN KIAI DALAM PEMENANGAN PADA PILKADA KABUPATEN KAPUAS TAHUN 2018)”
PENGARANG:HERU PUTRA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-04-05


ABSTRAK

Heru Putra , D1B114282, 2019, Peran politik kiai dalam pilkada ( Studi Bentuk  Keterlibatan Kiai Dalam Pemenangan Pada Pilkada Kabupaten Kapuas Tahun 2018) . Dibimbing oleh Pathurrahman , S. Sos, MA selaku dosen pembimbing I dan Dra. Hj. Sandra Bhakti Mafriana, M.Si selaku dosen pembimbing II.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk  keterlibatan kiai dalam pemenangan pada pilkada kabupaten kapuas tahun 2018. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif merupakan jenis penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati dengan mengumpulkan data-data atau informasi yang didapat dari informan secara langsung agar bisa menggambarkan dan memahami fenomena dan realitas tentang Keterlibatan Kiai Dalam Pemenangan Pada Pilkada Kabupaten Kapuas Tahun 2018.

Berdasarkan hasil penelitian mengenai keterlibatan kiai dalam pemenangan pada pilkada kabupaten kapuas tahun 2018 dilihat dari 4 (empat) bentuk keterlibatan kiai dalam pemenangan yaitu. 1)  anggota tim sukses, ada 1 (satu) kiai dari 7 kiai yang gambarnya ada dispanduk salah pasangan calon  terlibat sebagai anggota tim sukses hal tersebut diungkapkan oleh beberapa informan dan juga telah diungkapkan langsung oleh kiai yang bersangkutan. 2) Menghadiri acara kampanye, dari 7 kiai yang gambarnya ada dispanduk hanya ada 1 (satu) kiai yaitu kiai yang menjadi anggota tim sukses  untuk kiai kiai lainya tidak ada ditemukan informasi menganai kehadiran mereka pada acara kampanye salah satu pasangan calon. 3) Memberikan anjuran kepada siswa untuk memilih salah satu calon , tidak ada informasi yang ditemukan mengenai keterlibatan kiai dalam memberikan anjuran untuk memilih salah satu calon kepada siswa. 4) Menjadi calon kontestan, berdasarkan data daftar nama nama tokoh agama kabupaten kapuas bahwa nama salah satu wakil calon yang ikut sebagai calon kontestan tidak ada gelar kiai atau KH  pada nama calon yang bersangkutan maka tidak ada keterlibatan kiai sebagai calon kontestan pada pilkada kabupaten kapuas . maka dapat disimpulkan dari 7 (tujuh) kiai yang gambar nya ada di spanduk salah satu pasangan calon hanya ada 1 kiai yang terlibat dan dari 4 (empat) bentuk bentuk keterlibatan kiai dalam pemenangan yaitu 1) anggota tim sukses, 2) menghadiri acara kampanye, 3) memberikan anjuran kepada siswa untuk memilih salah satu calon, 4) menjadi calon kontestan, hanya ada 2 (dua) bentuk keterlibatan kiai dalam pemenangan yaitu menjadi anggota tim sukses dan menghadiri acara kampanye.

Disarankan kepada kiai yang telah berperan dalam pilkada kabupaten kapuas agar dikemudian hari untuk tidak terlibat secara langsung karena pilkada ini sifatnya hanya sesaat dan kepada masyarakat agar kiranya tidak menilai kiai yang ikut serta dalam pilkada merupakan sesuatu yang salah karena sejatinya politik dan agama adalah sesuatu yang saling berkaitan satu sama lain.

 

 

Kata Kunci : Keterlibatan Kiai Dalam Pemenangan , Pilkada

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI