DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Fungsi Anjir Serapat Bagi Kehidupan Ekonomi Masyarakat di Kecamatan Anjir Pasar Kabupaten Barito Kuala Pada Tahun 1980-2000
PENGARANG:Muhammad Khairullah
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-04-05


Muhammad Khairullah, 2018. Fungsi Anjir Serapat Bagi Kehidupan Ekonomi Masyarakat di Kecamatan Anjir Pasar Kabupaten Barito Kuala Pada Tahun 1980-2000. (Pembimbing I Dr. Bambang Subiyakto, M.Hum. dan Pembimbing II Mansyur, S.Pd., M.Hum).

Latar belakang penelitian ini berdasarkan pada fungsi Anjir Serapat yang mengalami penurunan terhadap perekonomian masyarakat di Kecamatan Anjir Pasar dalam hal transportasi, pertanian, perikanan dan perdagangan. Penurunan tersebut disebabkan oleh keadaan Anjir Serapat yang mengalami kurang pengawasan dan pemeliharaan oleh pemerintah dan juga masyarakat sekitar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses pembangunan di Anjir Serapat dan bagaimana fungsi Anjir Serapat terhadap kehidupan ekonomi masyarakat di Kecamatan Anjir Pasar Kabupaten Barito Kuala dari tahun 1980-2000.

Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode sejarah. Metode tersebut terdiri atas 4 tahapan yaitu heuristik, kritik, interpretasi, dan historigrafi. Data terdiri dari sumber primer dan sumber sekunder. Sumber primer penulis dapatkan secara langsung dari narasumber yang relevan sesuai dengan obyek yang diteliti dan sumber sekunder didapatkan dari data perpustakan berupa buku-buku, koran, arsip yang ada di dinas perhubungan dan BPS Barito Kuala, dan Internet.

Hasil Penelitian menjelaskan tentang proses pembangunan Anjir Serapat yang di mulai pada tahun 1880 dan selesai pada tahun 1890 yaitu membangun Anjir yang dibuat oleh para pemerintah Belanda. Setelah itu pembangunan Handil dan fasilitas-fasilitas lainnya untuk memperlancar aktivitas masyarakat sekitar. Pada tahun 2000an keadaan Anjir Serapat mulai tidak terpelihara karena pemerintah mengembangkan jalur darat. Sedangkan Fungsi Anjir Serapat terhadap hasil perekonomian masyarakat di Kecamatan Anjir Pasar seperti di bidang transportasi, pertanian, perikanan dan perdagangan ada yang mengalami kenaikan dan ada juga mengalami penurunan.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah Anjir Serapat tersebut sangat mempengaruhi hasil perekonomian masyarakat di Kecamatan Anjir Pasar. Seperti dalam bidang transportasi pada tahun 1980 masyarakat sangat tergantung dengan jalur air itu untuk mengangkut hasil pertanian, barang dagangan, dan hasil perikanan. tetapi pada tahun 1997 masyarakat beralih ke jalur darat karena masyarakat merasa lebih cepat dan murah. Perubahan jalur itu menyebabkan Anjir Serapat tidak terpelihara dan terjaga kebersihannya. 

 

Kata Kunci: Anjir, Anjir Serapat, Pertanian, Perikanan, Perdagangan, dan Transportasi.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI