DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN DAN MOTIVASI BERWIRAUSAHA TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALANGKARAYA
PENGARANG:FITRI INDRA WATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-08-27


Fitri Indra Wati. 2023. Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan dan Motivasi Berwirausaha Terhadap Minat Berwirausaha Pada Mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi Universitas Muhammadiyah Palangkaraya. Pembimbing I. Prof. Dr. Suratno, M.Pd, Pembimbing II. Prof. Dr. Rizali Hadi, MM.

 

Kata Kunci : pendidikan kewirausahaan, motivasi berwirausaha, minat berwirausaha

Pendidikan kewirausahaan memiliki peran yang sangat penting dalam kegiatan bisnis atau kewirausahaan.Motivasi berwirausaha juga memegang peranan penting dalam menentukan arah, cara berpikir seseorang dalam berbisnis. Hasil pengamatan dan observasi awal, peneliti menemukan pembelajaran kewirausahaan dari program kurikulum pada Universitas Muhammadiyah Palangkaraya Prodi Pendidikan Ekonomi bahwa ada beberapa mahasiswa yang sudah memulai kegiatan berwirausaha tetapi hal ini terlihat bahwa dalam melakukan kegiatan kewirausahaan tersebut hanya mengerjakan tugas yang diberikan saat mata kuliah kewirausahaan. Beberapa mahasiswa ini hanya memfokuskan diri untuk sekedar mendapatkan nilai mata kuliah kewiraushaan saja dan ada juga mahasiswa yang memang sudah mempunyai usaha tetapi hanya beberapa mahasiswa saja.

Motode Penelitian ini menggunakan pendekatan data kuantitatif dengan desain korelasional. Sampel dan popolasi di ambil pada mahasiswa Pendidikan ekonomi Angkatan 2020, 2021, dan 2022 Universitas Muhamadiyah Palangkaraya. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode kuesioner,dan dokumentasi.

 

Hasil dari penelitian ini menunjukan hasil analisis distribusi frekuensi, Pendidikan kewirausahaan mahasiswa program studi pendidikan ekonomi berada di kategori sedang dengan sebanyak 45 orang mahasiswa, pada kategori tinggi hanya 17 orang mahasiswa. Artinya dari 100% hanya 23,29%. Selanjutnya motivasi berwirausaha kategori sedang dengan sebanyak 45 orang mahasiswa, pada kategori tinggi hanya 9 orang mahasiswa. Artinya dari 100% hanya 12,23%. Selanjutnya Untuk minat berwirausaha kategori sedang dengan sebanyak 32 orang mahasiswa, kategori tinggi 24 orang mahasiswa. Artinya dari 100% terdapat 32,88%. Terdapat pengaruh positif dan signifikan variabel motivasi berwirausaha terhadap minat berwirausaha pada mahasiswa program studi Pendidikan Ekonomi Universitas Muhammadiyah Palangkaraya. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis regresi berganda diperoleh nilai F regresi sebesar 10,655 dengan p 0,01, hal ini berarti korelasi bersama antara Pendidikan kewirausahaan dengan motivasi berwirausaha terhadap minat berwirausaha adalah sangat signifikan. Indeks korelasi bersama yang diperoleh Ry1,2, 0,48 dengan koefisien determinasi R2 0,23. Jadi varians Pendidikan kewirausahaan dan motivasi berwirausaha mampu menjelaskan 23,00%terhadap minat berwirausaha. Sedangkan 77,00% dipengaruhi atau dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI