DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pengaruh Pendapatan Asli Daerah (PAD), Dana Bagi Hasil (DBH), Dana Alokasi Umum (DAU), Dana Alokasi Khusus (DAK) Terhadap Belanja Daerah (BDH) dan Fenomena Flypaper Effect Kabupaten/Kota di Provinsi Kalimantan Selatan
PENGARANG:M. YASIR
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-04-06


M. Yasir, (2019), Pengaruh Pendapatan Asli Daerah (PAD), Dana Bagi Hasil (DBH), Dana Alokasi Umum (DAU), Dana Alokasi Khusus (DAK) Terhadap Belanja Daerah (BD) dan Fenomena Flypaper Effect Kabupaten/Kota di Provinsi Kalimantan Selatan. Pembimbing : Drs. H. Muhammad Saleh, MP.

Tujuan penelitian dalam penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pengaruh secara parsial Pendapatan Asli Daerah, Dana Bagi Hasil, Dana Alokasi Umum dan Dana Alokasi Khusus terhadap Belanja Daerah Kabupaten dan Kota di Provinsi Kalimantan Selatan, (2) untuk mengetahui pengaruh secara simultan Pendapatan Asli Daerah, Dana Bagi Hasil, Dana Alokasi Umum, dan Dana Alokasi Khusus terhadap Belanja Daerah Kabupaten dan Kota di Provinsi Kalimantan Selatan, (3) untuk mengetahui terjadinya fenomena flypaper effect Kabupaten dan Kota di Provinsi Kalimantan Selatan. Objek penelitian ini adalah 13 (tiga belas) daerah otonom di provinsi Kalimantan Selatan dimana terdiri dari 11 (sebelas) kabupaten dan 2 (dua). Data dalam penelitian ini berupa realisasi pendapatan asli daerah, dana bagi hasil, dana alokasi umum, dan dana alokasi khusus yang dikumpulkan dari Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan Republik Indonesia dan Badan Keuangan Daerah Provinsi Kalimantan Selatan dimana teknik analisis data menggunakan metode regresi data panel dan mendeteksi terjadinya flypaper effect dengan membandingkan koefisien regresi PAD terhadap koefisien regresi DBH, DAU, dan DAK. Model regresi data panel menggunakan Pooled Least Square (PLS). Hasil penelitian ini pada uji t menunjukkan secara parsial atau masing-masing pendapatan asli daerah, dana bagi hasil, dana alokasi umum, dana alokasi khusus berpengaruh signifikan terhadap belanja daerah dan uji F mengindikasikan pendapatan asli daerah, dana bagi hasil, dana alokasi umum, dan dana alokasi khusus secara simultan berpengaruh signifikan terhadap belanja daerah serta tidak menunjukkan terjadi fenomena flypaper effect kabupaten dan kota di provinsi Kalimantan Selatan karena koefisien regresi PAD lebih besar daripada koefisien regresi DBH, DAU, dan DAK serta ketiga variabel bebas berpengaruh signifikan terhadap Belanja Daerah (BD).

Kata kunci : Pendapatan Asli Daerah, Dana Bagi Hasil, Dana Alokasi Umum, Dana Alokasi Khusus, Belanja Daerah, Fenomena Flypaper Effect.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI