DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH GRIT TERHADAP PRESTASI AKADEMIK PADA MAHASISWA PERANTAUAN FKIP ULM ANGKATAN 2023 BERDOMISILI DI LUAR BANJARMASIN
PENGARANG:DHEA ANANDA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-08-29


Kata Kunci: Grit, Prestasi Akademik, Mahasiswa Perantauan

 

Prestasi akademik merupakan hasil belajar belajar dari mahasiswa setelah mengikuti proses pembelajaran dalam waktu tertentu. Prestasi akademik diindikasikan dipengaruhi oleh grit atau kegigihan. Grit telah digunakan untuk memahami keberhasilan dan kinerja individu di berbagai bidang, termasuk di dalam urusan kinerja prestasi akademik mahasiswa yang bekaitan dengan bagaimana mahasiswa mengatasi persoalan kesulitan dan tantangan dalam belajar penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh grit terhadap prestasi akademik pada mahasiswa perantauan FKIP ULM angkatan 2023.

 

Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian pengaruh. Alat pengumpulan data adalah angket Grit dan data lain diambil dari IPK mahasiswa perantauan. Penarikan sampel menggunakan non probability sampling dengan sampel penelitian yaitu mahasiswa perantauan angkatan 2023 FKIP ULM sebanyak 320 mahasiswa perantauan. Teknik analisis menggunakan statistic deskriptif dan regresi sederhana.

 

Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh antara grit (X) terhadap prestasi akademik (Y) pada mahasiswa perantauan FKIP ULM angkatan 2023 dengan signifikan 0,001<0,05. Dari perhitungan regresi linear sederhana didapatkan hasil R Square sebesar 3,3% yang tergolong rendah (sig = 0,001). Kesimpulan dari penelitian ini yaitu, terdapat pengaruh antara grit terhadap prestasi akademik sebesar 0,182 yang menunjukkan bahwa sebanyak 3,3% grit dapat mempengaruhi prestasi akademik sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Adapun yang paling mempengaruhi adanya prestasi akademik pada mahasiswa perantauan FKIP ULM Angkatan 2023 yakni indikator semangat sebesar 76%.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI